Kelurahan Rawajati Siap Antisipasi Banjir Tahunan

Siti Yona Hukmana    •    Kamis, 11 Oct 2018 06:44 WIB
bencana banjirjakarta banjir
Kelurahan Rawajati Siap Antisipasi Banjir Tahunan
Lurah Rawajati Rudi Budijanto. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Jakarta: Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, memiliki kampung siaga bencana (KSB). Program KSB ini membuat Kelurahan Rawajati memiliki lebih siap mengantisipasi banjir yang menggenangi rumah warga.

"Di sini ada Kampung Siaga Bencana (KSB). Penindakan awalnya, seperti bikin dapur umum, menyiapkan makanan siap saji, minum dan beras," kata Lurah Rawajati Rudi Budijanto kepada Medcom.id di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Oktober 2018. 

Kelurahan ini merupakan daerah yang selalu dibayangi banjir setiap tahun. Sebanyak 21.346 jiwa tinggal di Kelurahan Rawajati. Namun, tidak semua warga yang terancam. Menurut Rudi, hanya 100 warga yang selalu terkena banjir.

"Itu terdapat di RW 07, RW 03 dan RW 01. Paling parah di RW 07, setinggi 2 meter," beber Rudi. 

Seratus warga yang selalu terkena banjir itu, kata Rudi, diungsikan ke tempat penampungan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Pasalnya, bangunan itu tidak selalu ditempati dan dapat menampung 100 warga.

"Di sana kita ungsikan karena kita enggak bangun tenda. Dapur umum juga kita sediakan di sana," tambah dia.

Sementara dalam penanganan saat banjir melanda, Rudi mengatakan ada petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Tim PPSU akan membantu air cepat surut.

"Itu penanganan fisiknya oleh PPSU. Mereka melakukan pembersihan saluran bersama warga dengan kerja bakti. Biar cepat surut airnya. Membersihkan sampah yang menyumbat saluran," jelas Rudi.

Kemudian, antisipasi sebelum banjir datang, Rudi mengaku akan menginformasikan kepada warga. Jalur komunikasi yang dibangun berdasarkan urutan yang lebih dekat.

"Kelurahan menginformasikan berapa ketinggian air di pintu air Katulampa, Bogor, enam jam sebelum air datang ke RT dan RW, lalu RT RW itu informasikan ke warga," jelas dia.

Banjir diprediksi akan mengancam 129 kelurahan di Ibu Kota Jakarata pada tahun ini, salah satunya Kelurahan Rawajati. Air yang meluap dan merendam rumah warga itu terjadi akibat lambatnya normalisasi Kali Ciliwung. 


(DRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA