Mayoritas Warga Jakarta Memakai Air Tanah

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 13 Mar 2018 18:21 WIB
air tanah
Mayoritas Warga Jakarta Memakai Air Tanah
Ilustrasi: Warga mengambil air bersih dengan alat pompa air tradisional di Dukuh Pinggir, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: MI/Galih Pradipta.

Jakarta: Pemakaian air tanah di Ibu Kota dianggap sudah cukup parah. Selama 17 tahun belakangan, lebih dari 50 persen warga memakai air tanah. 

"Sudah enggak bagus, persentase pemakaian air 65 persen air tanah, 35 persen air PAM," kata Peneliti Amrta Institute Nila Ardhianie kepada Medcom.id, Selasa, 13 Maret 2018.

Menurut dia, wajar jika lingkungan di Ibu Kota semakin memburuk. Banjir susah surut dan lainnya. Nila pun mengapresiasi Gubernur Anies Baswedan yang menginspeksi gedung tinggi terkait pengelolaan air dan limbah.

"Sebagai langkah awal ini bagus, belum ada gubernur yang concern terhadap air tanah. Padahal ini krusial karena ekstraksinya berlebihan, melebihi daya dukung," imbuh dia.

Menurut Nila, penurunan kontur tanah sebagai akibat eksploitasi air tanah berdampak ke dua hal. Pertama, banjir di Jakarta. Permukaan tanah menurun sehingga permukaan laut cenderung lebih tinggi. 

Praktis air hujan akan sulit menemukan aliran ke laut. Salah satu jalan yakni memperbanyak daerah resapan di Jakarta. 

Baca: Pemprov DKI Bakal Adakan Proyek SPAM

Dampak kedua yakni rusaknya fondasi bangunan. Pasalnya, debit air di tanah berkurang sehingga volume unsur tanah ikut tergerus.

"Tanah turun, ya bisa dilihat struktur bangunan rusak karena landasannya ambles," tandas Nila.

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan tengah membidik 80 gedung lebih di Jakarta terkait pemanfaatan air tanah dan pengelolaan limbah. Kebijakan tersebut sesuai dengan Keputusan Gubernur Nomor 279 Tahun 2018 pada 6 Februari 2018. 

Anies membentuk lima tim untuk mendatangi gedung-gedung di Ibu Kota. "Ini seperti razia gedung tinggi untuk memastikan mereka menaati semua aturan," kata Anies.



(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA