Sandi Targetkan Seluruh Pulau di Kepulauan Seribu Dialiri Listrik

Sunnaholomi Halakrispen    •    Selasa, 20 Mar 2018 15:35 WIB
listrikpemprov dki
Sandi Targetkan Seluruh Pulau di Kepulauan Seribu Dialiri Listrik
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menargetkan seluruh pulau di Kepulauan Seribu dapat dialiri listrik dengan baik secepatnya. Pasalnya, hingga saat ini baru 16 pulau dari 105 pulau di Kepulauan Seribu yang teraliri listrik.

"Targetnya dalam lima tahun ke depan. Kita akan hadirkan suatu rencana yang bisa dengan baik dan kita inginnya cepat karena memang melibatkan dunia usaha langsung. Di sini ada beberapa pengusaha yang siap berinvestasi," papar Sandi dalam Forum Group Discussion (FGD) PT Jakpro Utilitas: Listrik Kepulauan Seribu di Four Points by Sheraton Jakarta, Jalan MH. Thamrin Kav. 9, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Maret 2018. 

Salah satu langkah konkret, kata dia, adalah dengan mengupayakan listrik dengan energi baru terbarukan. Pulau-pulau yang menjadi prioritas adalah pulau yang dihuni penduduk. 

Bila sudah ada listrik ke depan bakal dibangun resort berskala internasional yang diyakini berpotensial menarik perhatian para wisatawan.

"Fokusnya sih di pulau-pulau yang memiliki populasi. Karena 105 itu kan banyak yang tidak ada populasi masyarakat di sana," ujar Sandi.

(Baca juga: Listrik di Pulau Seribu bakal Pakai Energi Terbarukan)

Bupati Kepulauan Seribu Irwansyah mengungkapkan pulau di wilayahnya yang teraliri listrik jumlahnya kurang dari 20%. Adapun, salah satu energi baru terbarukan yang akan diterapkan ialah dengan berbasis sampah. 

"Karena Kepulauan Seribu menghasilkan sampah. Alangkah baiknya kalau sampahnya tidak dibawa lagi ke Bantar Gebang, seperti kemarin yang di Muara Angke itu tapi itu malah diolah di sana juga," tutur dia. 

Namun, Irwansyah belum menargetkan waktu. Dia bilang, penerapan energi baru terbarukan harus disesuaikan kondisi.  

"Kita akan lihat. Kita kan realistis kondisi yang sekarang seperti apa, kita dengan Jakpro dengan yang lain dukung, akan kita lihat. Kalau lebih banyak (lebih banyak yang mendukung) kan bisa lebih bagus," ujar Irwansyah.
 


(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA