Polisi belum Tilang Pengendara di Hari Pertama Ganjil Genap

Dhaifurrakhman Abas    •    Senin, 12 Mar 2018 14:53 WIB
sistem ganjil genap
Polisi belum Tilang Pengendara di Hari Pertama Ganjil Genap
Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Menhub Budi Karya Sumadi - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan petugas tidak akan menilang pengendara yang melanggar di hari pertama pemberlakuan ganjil genap di Gerbang Tol Bekasi Barat dan Timur. Dia meminta petugas memasifkan sosialisasi. 

"Saya minta kepada anggota di lapangan untuk hindari sanksi tilang pengendara selama sosialisasi ganjil-genap," kata Tito, kepada wartawan, di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 12 Maret 2018.

Tito sudah meminta jajarannya memberikan pendekatan persuasif bagi pengendara yang kebingungan dalam aturan ganjil-genap mulai pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Ia juga meminta anak buahnya untuk mengarahkan pengendara yang nomor pelatnya terkena dampak ganjil genap untuk beralih ke jalur arteri. 

"Bagi pengendara yang tidak tahu dengan aturan ini diminta putar balik saja sambil diberikan pengarahan soal aturan ini," ujar Tito.

(Baca juga: Sistem Ganjil Genap Tingkatkan Jumlah Penumpang Stasiun Bekasi)

Agar kebijakan baru tersebut tersosiaisasikan dengan maksimal, Tito meminta kepada intansi terkait untuk membuatkan posko bersama untuk mengakomodasi masukan publik. Posko tersebut juga diharapkan dapat membantu sosialisasi kebjakan yang telah diberlakukan di media massa dan media televisi.

"Ganjil genap juga harus ada solusi, di antaranya transportasi umum yang disediakan pemerintah harus memenuhi standar kelayakan. Ini harus dikontrol bersama. Dibuatkan posko untuk mengakomodasi masukan publik karena mereka yang (pengemudi) yang merasakan kebijakan ini," pungkas dia. 

(Baca juga: Sistem Ganjil Genap Buat Sopir Bus tak Stres)


 


(REN)