BPPT Keluarkan Rp90 Miliar Kelola Sampah DKI

Nur Azizah    •    Rabu, 20 Dec 2017 12:00 WIB
sampah jakarta
BPPT Keluarkan Rp90 Miliar Kelola Sampah DKI
Ilustrasi sampah jakarta/MI/Arya Manggala

Jakarta: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengeluarkan Rp90 miliar untuk mengelola sampah DKI Jakarta. Sampah akan dikelola menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan pihaknya akan mengelola 50 ton sampah Ibu Kota dalam sehari. Sampah tersebut akan menghasilkan listrik 400 kilowatt.

"Iya kecil (listrik yang dihasilkan). Sebetulnya PLTSa itu bukan listriknya,  yang penting bagaimana bisa memusnahkan sampah. Listrik itu hanya bonus," kata Unggul di Kantor BPPT, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2017.

Pembangunan PLTSa menjadi proyek percontohan pertama pengelolaan sampah oleh BPPT. Pembangunan ditargetkan awal tahun 2018.

Proyek akan diterapkan di seluruh kota di Indonesia. Ia berharap pembangunan PLTSa bisa mengurangi dampak lingkungan akibat sampah.

"Saat ini BPPT mempersiapkan dokumen desain dan amdal untuk kegiatan pembangunan PLTSa tersebut," ujar dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap sampah di Jakarta cepat berkurang. Selain bekerja sama dengan BPPT, Jakarta juga bekerja sama dengan PT JakPro dan Intermediate Treatment Facility (ITF) untuk membangun PLTSa di kawasan Sunter, Jakarta Utara.


(OJE)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA