Speaker CCTV di Thamrin Belum Maksimal

Lis Pratiwi    •    Selasa, 03 Oct 2017 00:28 WIB
lampu jalan
Speaker CCTV di Thamrin Belum Maksimal
CCTV di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat/MTVN/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai mengefektifkan pemasangan kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV) di berbagai lampu lalu lintas di Ibu Kota. Termasuk di persimpangan Jalan Kebon Sirih dan MH Thamrin, CCTV juga dilengkapi pengeras suara (speaker).

Danang, salah satu anggota Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang berjaga di persimpangan tersebut menjelaskan speaker CCTV berfungsi menegur pengendara yang melanggar. Terutama saat mereka berhenti melewati garis putih marka jalan, atau melewati zebra cross

"Ada saja yang melewati garis tapi tidak banyak. Kalau diberi teguran lewat speaker mereka langsung mundur, tapi speaker-nya jarang bersuara (petugas tak menegur lewat speaker itu)," kata Danang kepada Metrotvnews.com di Jakarta Pusat, Senin 2 Oktober 2017.

Persimpangan Kebon Sirih dan MH Thamrin merupakan perempatan yang masing-masing di Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI dan Medan Merdeka Barat. Sementara Jalan Kebon Sirih yang menuju Tanah Abang dan Menteng.



Lampu lalu lintas di simpang ini memiliki frekuensi yang cepat dengan masing-masing menyala 1 menit 20 detik untuk pengendara dari dan menuju Jalan MH Thamrin. Kemudian 45 detik untuk pengendara dari dan menuju Jalan Kebon Sirih.

Meskipun CCTV memantau selama 24 jam, namun tak selalu terdengar teguran petugas melalui pengeras suara. Tentu teguran saat ada pengendara yang melanggar. 

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan ia akan mengecek kembali masalah speaker yang tidak menegur semua pelanggar itu.

"Iya nanti saya coba cek ya. Di sana ada petugas. Seharusnya (jika tak ada teguran di speaker) yang menegur anggota Dishub di lapangan," ujar Sigit.

Sigit menambahkan, penerapan CCTV berspeaker memang masih tahap uji coba. Untuk itu, ada dua cara untuk menegur pelanggar yang terpantau, yakni mengimbau melalui speaker atau teguran langsung oleh anggota Dishub di lapangan.

"Karena pelanggaran ini juga masuk ke UU Nomor 22 Tahun 2009 (Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan), bahkan bisa ditilang juga sama polisi," ujarnya.

Selain simpang Kebon Sirih dan MH Thamrin, area lain yang telah dipasang CCTV PTZ dan akan dilengkapi pengeras suara di antaranya adalah persimpangan Hotel Millenium, Sunan Giri, Harmoni, Patung Kuda, dan simpang TU Gas.

Serta dipasang pula di persimpangan Jalan Panjang, seperti Kedoya Pesing-Jalan Panjang, Sunrise Garden-Jalan Panjang, Kedoya Green Garden-Jalan Panjang, Kedoya Duri-Jalan Panjang, dan Pos Pengumben-Jalan Panjang.


(DHI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA