Pilkada Serentak 2017

Ketua KPU DKI Bantah Ada Pemilih Ganda

Wanda Indana    •    Selasa, 20 Sep 2016 19:42 WIB
pilgub dki 2017
Ketua KPU DKI Bantah Ada Pemilih Ganda
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno membantah kabar adanya pemilih ganda dalam data daftar pemilih. Sumarno mengatakan, 26.500 petugas KPU DKI masih bekerja memutakhirkan data pemilih.

Sumarno menjelaskan, pemutakhiran dilakukan sejak 8 September hingga 7 Oktober 2016. Lagipula, KPU juga belum membuat Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"Seharusnya sekarang belum ada kesimpulan apa-apa karena proses (pemutakhiran) sedang berjalan, petugas sedang bekerja. Soal itu cuma ada satu kata: terlalu!" ucap Sumarno di Gedung KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2019).

Sumarno meminta semua pihak tidak berspekulasi terkait adanya dugaan data pemilih ganda. Dia bilang, KPU DKI sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI untuk menjamin tidak ada pemilih ganda.

"Saya harap siapapun bersabar menunggu prosesnya (pemutakhiran) berakhir. Nanti setelah 7 Oktober, kita akan lakukan rekapitulasi dan akan disuling menjadi daftar pemilih sementara. Dari daftar pemilih sementara akan kita umumkan ke masyarakat. Dari situ kita baru tahu ada pemilih ganda sekian," jelas dia.

KPU DKI menjamin semua masyarakat DKI yang memenuhi syarat akan diberi hak suara. Bagi masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) tidak perlu risau. KPU akan mendata masyarakat yang belum memiliki e-KTP untuk menyerahkan ke Dukcapil.

Data masyarakat yang belum memegang e-KTP akan dicocokan ke pusat data Dukcapil. Jika memenuhi syarat, Dukcapil akan memberikan surat keterangan ke KPU untuk memasukkan yang bersangkutan ke dalam daftar pemilih.

"Surat itu nanti dibuatkan Dukcapil, mereka yang punya databasenya. Jadi berdasarkan surat dari Dukcapil itulah yang bersangkutan ditetapkan sebagai pemilih," jelas dia.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama menyebut ada ratusan ribu pemilih ganda. Ahok mengetahui hal itu karena sudah mendatangi Dukcapil DKI. Dari 7,5 juta total pemilih, ada dugaan 650 ribu pemilih ganda.
(MBM)

Paradoks di Pilgub DKI Jakarta

Paradoks di Pilgub DKI Jakarta

1 minute Ago

Pilkada Serentak gelombang II lebih berwarna, khususnya di DKI Jakarta. Karena dari enam orang …

BERITA LAINNYA
Video /