Djarot Sebut Boy Sadikin Gentleman

Nur Azizah    •    Kamis, 22 Sep 2016 18:25 WIB
pilgub dki 2017ahok-djarot
Djarot Sebut Boy Sadikin <i>Gentleman</i>
Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Djarot Saiful Hidayat--ANTARA/Didik Suhartono

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan Djarot Saiful Hidayat menilai sosok Boy Sadikin pemberani. Djarot menghargai keputusan mantan ketua DPD DKI Jakarta PDIP itu mundur dari anggota PDIP.

"Kalau dia mengundurkan diri berarti gentleman, baguslah. Kami hargai itu," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (22/9/2016).

Bakal calon wakil gubernur petahana ini menjelaskan, kader yang tidak suka dengan PDI Perjuangan lebih baik mengundurkan diri daripada terpaksa bertahan. Kendati demikian, Djarot mengaku belum menerima surat pengunduran diri Boy. "Kalau enggak suka memang lebih baik mengundurkan diri. Saya sendiri belum terima suratnya. Nanti akan dibahas di rapat pleno," tuturnya.

Baca: Boy Mundur, Djarot: Tidak Suka Sama PDIP, ya Keluar

Djarot menyampaikan, bila pengunduran diri Boy diterima, Boy dilarang mengatasnamakan kader PDIP. Setelah itu, anak mantan Gubernur DKI Ali Sadikin itu bebas masuk ke partai manapun, termasuk Gerindra.

"Ya enggak apa-apa (masuk Gerindra). Kalau pengunduran dirinya diterima, dia bukan anggota PDIP lagi," terang pria berusia 60 tahun itu.

Boy Sadikin mengundurkan diri dari anggota PDI Perjuangan karena kecewa dengan keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Mega memilih mengusung pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

Baca: Boy Sadikin Mundur dari PDIP

Dalam surat pengunduran diri, Boy menuturkan sedikitnya tiga alasan dirinya hengkang PDI Perjuangan. Alasan pertama, Boy tak sepakat dengan pilihan Magawati memilih pasangan Ahok-Djarot.

"Alasan kedua, perbedaan tersebut akan berakibat negatif pada keutuhan dan soliditas PDI Perjungan menghadapi Pilkada 2017," tutur Boy dalam surat pengunduran dirinya yang ia teken pada Rabu, 21 September.

Alasan ketiga, anak mantan gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin itu tak mau menjadi beban bagi PDI Perjuangan. Ia ingin bebas menyalurkan aspirasinya kepada pihak lain yang sesuai dengan dirinya.


Boy Bernadi Sadikin. Foto: Antara/ Rosa Pangabean

Pengunduran diri Boy bersamaan dengan kabar Boy memimpin tim pemenangan calon gubernur Sandiaga Uno. Kabar itu muncul setelah Boy bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kemarin sore.


(YDH)

Video /