Tertibkan Calo Pengurusan IMB

Media Indonesia    •    Rabu, 12 Sep 2018 08:17 WIB
pemprov dkiperizinan
Tertibkan Calo Pengurusan IMB
Proyek pembangunan gedung bertingkat dengan latar matahari terbenam, Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Asisten Pemerintahan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) Sujanto Budiroso mengimbau warga segera melaporkan jika ada orang yang mengaku dapat menyelesaikan izin mendirikan bangunan (IMB). Warga diminta tak mudah percaya calo IMB.

"Warga kalau mau bangun rumah itu harus mengurus izin mendirikan bangunan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," kata Sujanto di Jakarta, Selasa, 11 September 2018.

Sujanto mengaku sudah mendapatkan informasi ada orang yang mengaku bisa menyelesaikan masalah IMB. Ia menegaskan akan menangkap orang yang coba melakukan hal tidak terpuji tersebut. 

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat tengah gencar melakukan sapu bersih pungutan liar (saber pungli). Jika ada orang mana pun yang meresahkan, pemilik bangunan langsung bisa lapor ke Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. 

"Kita akan tangkap jika ada yang nekat melawan pemerintah dalam penegakan aturan. Pemerintah jangan sampai kalah terhadap oknum yang mencoba mencoreng nama baik pemerintah," tegas dia.

Sebelumnya, bangunan lima lantai di Jalan Pembangunan III, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakpus, dibongkar paksa tim penertiban terpadu Pemkot Jakpus. Mereka dianggap menyalahi aturan IMB.

Baca: Anies Tak Biarkan Bangunan Berdiri Tanpa IMB

Selain di Jakarta Pusat, persoalan dugaan percaloan IMB sebelumnya marak di Kota Depok. Penyidik Kejaksaan Negeri Kota Depok bahkan dilaporkan telah mengusut kasus penyuapan IMB dari perusahaan pengembang kepada pejabat Pemkot Depok.

Penyidik kejaksaan telah menerbitkan surat perintah tugas (sprintug) pemanggilan pemeriksaan terhadap sejumlah pejabat di lingkup Pemkot Depok yang diduga terlibat dalam kasus penyimpangan dana pengurusan IMB di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok. Kepala Satpol PP Kota Depok Yayan Arianto yang pertama mendapat surat pemanggilan pemeriksaan. 


(OGI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA