Anies Diminta Dengarkan Jokowi soal Ciliwung

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 13 Sep 2018 14:28 WIB
sungai ciliwung
Anies Diminta Dengarkan Jokowi soal Ciliwung
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta memberi perhatian khusus dalam penataan sungai atau kali di Ibu Kota. Anies dinilai perlu belajar dari pemerintah Korea Selatan yang mampu menata keindahan Sungai Cheonggyecheon.

"Nah, gubernur sekali-kali kunjungan kerjanya enggak usah yang jauh-jauh ke Korea tuh, diundang saja Menteri Korea untuk menanyakan konsep apa yang mereka pakai biar sungainya bisa bagus seperti itu," kata Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa, 11 September 2018, mengunjungi Seoul dengan jalan kaki menyusuri Sungai Cheonggyecheon. Melihat kebersihan sungai di tengah kota tersebut, Presiden berharap bisa menjadi inspirasi untuk Sungai Ciliwung di Jakarta.

Bestari mengatakan ucapan Jokowi seharusnya bisa ditindaklanjuti oleh Anies. Terlebih, lanjut dia, penampilan sungai di Jakarta masih jauh dari harapan.

"Kenyataan bahwa sungai-sungai kita ini masih memalukan, khususnya Kali Item dan sungai lainnya. Tapi sisi keindahan estetika itu kan belum, itu kan seharusnya bisa diwujudkan," ucap Bestari.

(Baca juga: Mimpi Sungai Jakarta seperti di Korsel Masih Jauh)
 


(REN)