SMAN 1 Tangsel Siapkan Kelas Khusus Siswa Berprestasi

Lis Pratiwi    •    Jumat, 16 Jun 2017 15:28 WIB
pendidikan
SMAN 1 Tangsel Siapkan Kelas Khusus Siswa Berprestasi
SMAN 1 Tangerang Selatan, sekolah favorit yang banyak diminiati calon siswa saat Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2017. Foto: Metrotvnews.com/Lis Pratiwi

Metrotvnews.com, Tangerang: Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Tangerang Selatan termasuk sekolah favorit. Pada pendaftaraan penerimaan peserta didik tahun 2017, SMAN 1 Tangsel menyiapkan jalur masuk mandiri bagi calon siswa yang prestasi.

"Di sini ada kelas khusus namanya Cerdas Istimewa (CI) dan Bakat Istimewa (BI)," kata Wakil Kepala SMAN 1 Tangsel, Soeswati Ningsih kepada Metrotvnews.com, Jumat 16 Juni 2017.

Menurut Soeswati, CI nantinya akan bergabung menjadi kelas Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan BI menjadi kelas Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Perbandingan jumlah kelas sendiri adalah 3 banding 1.

"Totalnya 9 kelas. 4 kelas CI dan BI, 5 kelas reguler dari hasil SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional," tambah Soeswati.

Jalur prestasi di SMAN 1 Tangsel ini sudah dibuka sejak beberapa tahun lalu. Sekolah ini pun telah mencetak dan memfasilitasi prestasi siswa di bidang akademik dan non-akademik.

Selain jalur prestasi, PPDB tingkat SMA juga dibuka lewat jalur online dengan mendaftarkan nomor ujian nasional dan diseleksi berdasarkan Nilai Ebtanas Murni (NEM).

Selain itu, ada pula jalur keluarga miskin bagi calon siswa kurang mampu dengan disertai surat keterangan dan surat pernyataan. Namun, kuota jalur ini hanya beberapa persen.


(MBM)