Sandi Minta Komite PK Pelototi Penyerapan Anggaran

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 05 Jan 2018 02:51 WIB
pemprov dkianies-sandi
Sandi Minta Komite PK Pelototi Penyerapan Anggaran
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: MTVN/Faisal

Jakarta: Wakil Gubenur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku, telah menugaskan Komite Pencegahan Korupsi (PK) mengawasi penyerapan anggaran. Khususnya, penyerapan anggaran jelang penutupan tahun.

"Jadi saya sudah sampaikan ke Pak Bambang (Ketua Komite PK), saya membentuk tim untuk melakukan percepatan penyerapan anggaran dan minta juga pendampingan," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis 4 Januari 2018.

Menurut Sandi, pengawasan penyerapan anggaran menjadi salah satu fokus komite PK. Dia menjelaskan pengawasan dilakukan karena penyerapan anggaran yang tak wajar kerap menjadi sandungan Pemprov DKI mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

Salah satunya, temuan BPK soal pembelaan lahan Sumber Waras dan Cengkareng Barat. "Saya sudah menyampaikan ke Pak Bambang kemarin salah satu yang kami bahas di-road to WTP adalah dua isu yang menjadi temuan BPK," jelasnya.

Sandi mewanti-wanti agar penyerapan anggaran perlu diwaspadai secara ektra. Mengingat, kerap terjadi anomali penyerapan anggaran jelang penutupan tahun. 

"Ternyata Sumber Waras maupun lahan Cengkareng maupun anomali-anomali itu terjadi selalu di bulan Desember," jelasnya. 

Anomali ini disebut juga kurva stik hoki. Terjadi penyerapan besar-besaran hal inilah yang sulit dipetakan. "Karena begitu penyerapannya gila-gilaan kaya bulan Desember, kaya kemarin 11,83 triliun," tutupnya.


(JMS)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA