Pemprov tak Berikan Subsidi DP Rp0, Hanya Menalangi

Nur Azizah    •    Senin, 05 Mar 2018 19:54 WIB
hunian dp 0%
Pemprov tak Berikan Subsidi DP Rp0, Hanya Menalangi
Ilustrasi -- Foto: Antara/Yulius

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta tidak memberikan subsidi uang muka pada program hunian DP Rp0. Pemprov hanya memberikan talangan.

Artinya, masyarakat tetap harus mengembalikan uang tersebut kepada Pemprov DKI Jakarta. Hanya saja, masyarakat bisa membayar uang pinjaman tersebut dalam tenor hingga 20 tahun.

"Ditalangi. Kamu jangan tanya itu, nanti saja," kata Kepala Dinas Perumahan dan Gedung DPRD DKI Jakarta Agustino di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin 5 Maret 2018.

"Pak, berdasarkan KBBI, ditalangi badan dibayarkan itu beda. Kalau ditalangi berarti masyarakat harus mengembalikan uang itu?," Tanya awak media untuk memastikan. Agustino pun mengamini.

"Iya kaya gitu lah mirip-mirip," imbuh dia.

Baca: Sandi Akui Gaji di Bawah UMP tak Bisa Beli Rumah DP 0 Rupiah

Kendati begitu, Agustino belum mau buka suara terkait besaran dana talangan DP Rp0. Ia memastikan, dana yang dipinjamkan ke masyarakat tidak akan memberangkatkan.

"Kan gini loh, ini kan presentase bunganya kecil sekali. Anda dapat presentase yang kecil," ungkapnya.

Terkait surat-surat kepemilikan, Agustino pun belum bisa memastikan. Penghuni hanya diberi Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung ( SKGB), bisa juga Hak Guna Bangunan.

"Bisa SKBG, bisa HGB. Kita lihat dulu. Makanya kita belum bisa komentar sekarang. Kalau tanahnya dijual itu HGB, kalau tanahnya enggak dijual SKGB," pungkas dia.

(Baca juga: Hunian DP 0% Diragukan)

Pada 18 Januari 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meletakkan batu pertama untuk rumah susun DP 0 Rupiah di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Program hunian DP 0 Rupiah milik Anies-Sandi dibanderol dengan harga mulai dari harga Rp185 juta hingga Rp320 juta.

Rusun dengan harga Rp185 juta akan mendapatkan rumah susun milik (rusunami) dengan tipe 21. Sedangkan harga Rp320 juta akan mendapat rusunami tipe 36.

Rusunami DP 0 persen itu diberi nama Klapa Village. Hunian tersebut akan dibangun dua tower dengan tinggi 20 lantai.

(Baca juga: Pembangunan Hunian DP 0% Dimulai)

 


(Des)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

20 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA