Polisi Periksa 15 Saksi Terkait Kasus Jonru Ginting

Arga sumantri    •    Senin, 09 Oct 2017 12:56 WIB
ujaran kebencian
Polisi Periksa 15 Saksi Terkait Kasus Jonru Ginting
Jonru Ginting. Foto: Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi terus merampungkan berkas perkara Jonru Ginting. Belasan saksi sudah diperiksa guna melengkap berkas perkara.
 
"15 orang saksi lebih, untuk dijadikan saksi dan saksi ahli," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Markas Polda Metro Jaya, Senin 9 Oktober 2017.
 
Penyidik, kata Argo, juga sudah mengumpulkan barang bukti yang didapat. Kendati, ia tak merinci alat bukti apa saja yang sudah didapati penyidik.

Baca: Kejagung Menunggu Pelimpahan Berkas Jonru

"Hari ini dan besok penyidik sedang menyusun berkas perkara, menyusun dari halaman satu sampai selesai," ucap Argo.

 

Nantinya, jika sudah rampung diselesaikan penyidik, berkas bakal dilimpahkan ke kejaksaan. Sebelum itu, penyidik bakal lebih dulu membuat resume berkas perkara Jonru.
 
"Insyaallah pekan ini kita kirim berkasnya ke kejaksaan," ucapnya.
 
Baca: Selama Diperiksa, Jonru Ginting tak Menampik

Muannas Al Aidid melaporkan Jonru ke Polda Metro Jaya pada Kamis 31 Agustus 2017. Dalam laporan bernomor LP/4153/VIII/2017/PMJ/Dit Reskrimsus itu, Jonru disebut menebar ujaran kebencian di media sosial pada periode Maret hingga Agustus 2017.
 
Laporan merujuk pada Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Tak hanya itu, Jonru juga sudah dilaporkan seorang pengacara bernama M. Zakir Rasyidin terkait hal yang sama.




(FZN)