Pembangunan LRT Jakarta Dipastikan Tepat Waktu

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 22 Aug 2017 15:30 WIB
proyek lrt
Pembangunan LRT Jakarta Dipastikan Tepat Waktu
Proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta : Pembangunan angkutan massal berbasis rel Light Rail Transit (LRT) tahap pertama baru mencapai 18 persen.  Namun, pembangunan dipastikan kelar tepat waktu pada 2019.
 
Corporate Secretary PT Adhi Karya, Ki Syahgolang Permata, mengatakan, pembangunan LRT Jakarta terbagi dalam tiga seksi, Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang dan Cawang-Dukuh Atas.

Baca: Menanti Integrasi MRT, LRT, dan TransJakarta di Tahun 2018

"Sudah 18 persen secara keseluruhan," kata Syahgolang kepada Metrotvnews.com di kantor Adhi Karya, Jalan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa 22 Agustus.
 
Dengan rincian, Cibubur-Cawang mencapai 37 persen, Bekasi Timur-Cawang 17 persen, dan Cawang-Dukuh Atas 3 persen.
 
Meski penyelesaian belum mencapai seperempatnya, Syahgolang yakin target penyelesaian LRT tahap pertama selesai tepat waktu di kuartal pertama 2019. Setelah selesai, LRT akan diuji coba selama tiga bulan.
 
Penyelesaian tiga seksi ini akan dilakukan secara simultan. Ia yakin proyek LRT tak akan terganggu dengan ajang Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta tahun depan.  "Kita memang target 2019, karena kita enggak terkait langsung dengan Asian Games," ujarnya.

Baca: Progres Pembangunan MRT Fase Pertama Capai 76,08%

Proyek LRT Jabodebek dimulai pembangunannya sejak 9 September 2015. Dalam pembangunan tahap pertama, akan ada tiga rute yang terhubung, yakni Cibubur-Cawang sepanjang 14,5 km, Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,1 km dan Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 km.
 
Proyek LRT Jabodebek dikerjakan oleh Adhi Karya sebagai kontraktor dan PT KAI (Persero) sebagai investor sekaligus operator. Dana yang dibutuhkan untuk proyek tersebut mencapai Rp26,7 triliun, terdiri atas anggaran negara melalui penyertaan modal negara (PMN) dan kredit perbankan.




(FZN)