Tarif MRT Diperkirakan di Bawah Rp15 Ribu

Yanurisa Ananta    •    Kamis, 18 May 2017 08:30 WIB
proyek mrt
Tarif MRT Diperkirakan di Bawah Rp15 Ribu
Ilustrasi. Foto: MI/Usman

Mewtrotvnews.com, Jakarta: PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sedang menggodok besaran tarif yang akan dibebankan kepada konsumen. PT MRT akan menghitung perbandingan biaya konstruksi dengan prediksi jumlah penumpang harian yang akan dijaring.
 
"Tahun ini kita sedang hitung berapa biaya operasional kita dan prediksi jumlah penumpang yang akan datang setiap hari. Sementara itu, prediksi jumlah penumpang kami ada 173.400 penumpang," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, dikutip dari Media Indonesia, Kamis 18 Mei 2017.
 
Standar dunia untuk biaya moda transportasi masal sebesar USD 1 atau USD 1,5, setara dengan Rp13 ribu atau Rp15 ribu. Namun, pemerintah akan memberikan subsidi atau public service obligation (PSO) sehingga harga lebih murah.
 
"Pemerintah akan lakukan subsidi seperti yang dilakukan pada TransJakarta. Nah, kita ingin tahu juga berapa PSO yang akan diberikan pemerintah. Setelah tahu berapa PSO yang akan dikasih itulah, tarif yang kami miliki," imbuh William.
 
Willam berharap sistem pembayaran MRT hanya menggunakan satu kartu. Mengingat beragamnya transportasi dari mulai kereta commuterline Jakarta (KCJ) dan TransJakarta.
 
Nantinya, PT MRT akan mengupayakan sistem pembayaran hanya menggunakan satu kartu.
 
"Sistem kami fleksibel. Kita sudah bicarakan bagaimana sistem pembayaran MRT. Kami inginnya semua terintegrasi supaya tidak banyak bawa kartu. Maka kita minta ada pihak yang mengelola, dalam hal ini pemerintah, supaya ada integrasi kartu," pinta William.
 
Menurut William, sistem satu kartu sudah dilakukan di Hongkong dan London, Inggris. Ke depannya, konsumen tidak akan kerepotan membawa banyak kartu lagi untuk menaiki moda transportasi berbeda.
 
Seperti diketahui, di kemudian hari Jakarta akan memiliki banyak transportasi. Selain MRT, pemprov juga tengah membangun light rail transit (LRT) dan kereta bandara.
 
 


(FZN)