Gunakan Lampu Jalan LED, Ahok Klaim Hemat Rp400 Miliar

Intan fauzi    •    Senin, 23 Nov 2015 12:05 WIB
lampu jalan
Gunakan Lampu Jalan LED, Ahok Klaim Hemat Rp400 Miliar
Beberapa lampu jalan tak menyala di jalan layang Kapten Tendean, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Panca)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengganti semua lampu jalan dengan LED (Light Emitting Diode). Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengklaim mampu menghemat anggaran Rp400 miliar jika menggunakan lampu jalan LED.
 
"Biaya yang diperlukan untuk menggantia semua lampu jalan dengan LED Rp1,3 tiliun. Tapi, biaya bayar listrik bis kita hemat Rp400 miliar per tahun," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (23/11/2015).
 
Keuntungan lainnya, tidak perlu ada pegawai untuk mengecek lampu secara rutin karena sudah menggunakan sistem komputer. Selain itu, lampu LED cukup diganti lima tahun sekali.
 
"Semua dengan sistem komputer, tidak perlu ada petugas yang memeriksa rutin. Lima tahun sekali baru diganti," jelas Ahok.
 
Ahok bilang, selama ini Dinas Perindustrian dan Energi menganggarkan bayar listrik Rp600 miliar dan anggaran pengadaan lampu Rp300 miliar. "Kamin berusaha gantyi semua lampu supaya anggaran bisa kita tekan,” ujarnya.


(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA