Biaya Balik Nama di Jakarta Naik 12,5 Persen

Theofilus Ifan Sucipto    •    Jumat, 08 Feb 2019 11:29 WIB
pajak kendaraan
Biaya Balik Nama di Jakarta Naik 12,5 Persen
Jurnalis mengamati mobil mewah Rolls-Royce dan Lamborghini milik Raffi Ahmad yang diparkir di dekat masjid perumahannya di Green Andara Residences, Jakarta Selatan. Foto: MI/Arya Manggala.

Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menaikkan pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB). Langkah semacam ini dianggap sudah dilakukan daerah lain.

"Pajaknya BBNKB akan jadi 12,5 persen. DKI masih 10 persen," kata Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Faisal Syafruddin di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Februari 2019

Faisal menyebut Jakarta sudah ketinggalan menaikkan pajak BBNKB. Daerah di Pulau Jawa dan Bali sudah menaikkan pajak itu menjadi 12,5 persen dari nilai jual kendaraan bermotor.

"Mereka (Jawa dan Bali) juga baru Desember kemarin. Jadi DKI harus menyesuaikan," imbuh Faisal.

Baca: Gerindra Dukung Kenaikan Pajak Kendaraan

Menurut dia, nantinya kenaikan pajak 12,5 persen ini akan berlaku bagi pembeli mobil bekas sebagai tangan pertama. Pemprov pun sudah menyerahkan rancangan peraturan daerah kepada DPRD DKI. 

Dia memastikan kenaikkan pajakini tidak sekadar mengejar pendapatan daerah. Pemprov ingin mengajak masyarakat beralih ke transportasi umum. 





(OGI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA