Anies Bantah Lirik Erwin Aksa Gantikan Sandiaga

Nur Azizah    •    Jumat, 07 Dec 2018 17:27 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
Anies Bantah Lirik Erwin Aksa Gantikan Sandiaga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ANT/Aprilio Akbar.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah kabar menyebut dirinya bakal memilih keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Erwin Aksa, sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Ia menegaskan berita tersebut hanya gosip.

"Saya kaget mendengar gosip itu," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Desember 2018.

Anies meminta masyarakat berpikir kritis terhadap isu yang berkembang. Pasalnya, pemiliihan wagub bukan di tangan gubernur.

"Kemampuan berpikir kritisnya rendah sampai bisa percaya gosip ini. Kenapa? Pertama, gubernur tidak memiliki hak untuk mengajukan calon. Saya rasa semuanya sudah tahu," ujar dia.

Pengajuan calon pengganti Sandiaga Uno ada di tangan partai pengusung. Anies menambahkan PKS dan Gerindra selaku partai pengusung telah membicarakan beberapa kandidat sebagai pengganti Sandiaga.

"Mereka saja belum sepakat, jadi mana mungkin ada nama baru dan itu dari Golkar? PKS sama Gerindra pasti enggak mau terimalah," ucap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menegaskan bahwa dirinya tidak pernah meminta Erwin Aksa untuk menjadi pendampingnya. Ia pun heran ada nama lain yang tiba-tiba muncul.

"Saya heran itu bilangnya keinginan gubernur, padahal saya enggak punya keinginan itu. Saya heran siapa yang iseng muter nama ini," kata Anies.

Hingga hari ini baru ada dua kandidat calon wagub pengganti Sandiaga Uno. Dia adalah Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto dan Mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

Nama Erwin mencuat setelah peneliti dari Suropati Syndicate, Abdul Haji Talaohu, menyebut tokoh Golkar itu bisa menjadi alternatif pengganti Sandiaga Uno.


(DRI)