Warga Dukung Aturan Mobil Wajib di Garasi

Nur Azizah    •    Senin, 11 Sep 2017 13:56 WIB
pemilik mobil wajib punya garasi
Warga Dukung Aturan Mobil Wajib di Garasi
ilustrasi macet Jakarta. Foto: Antara/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta:  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mewajibkan pemilik mobil mempunyai garasi kendaraan sendiri. Aturan ini bertujuan agar tidak ada kendaraan yang parkir di bahu jalan.
 
Meski baru sebatas wacana, namun sejumlah warga menyambut baik kebijakan tersebut. Seperti yang diungkapkan warga Semanan, Kalideres, Jakarta Barat, Kiki.
 
"Kalau saya setuju banget. Kalau parkir di pinggir jalan raya itu mengganggu pengguna jalan lainnya," kata Kiki kepada Metrotvnews.com, Jakarta Barat, Senin 11 September 2017.

Baca: Pemberlakuan Aturan Wajib Punya Garasi Dinilai tak Akan Efektif

Pria berusia 27 tahun ini menyampaikan, kendaraan yang parkir di pinggir jalan sering menyebabkan kemacetan. Apalagi pada jam-jam tertentu.
 
"Bikin sempit. Bikin macet karena menghalangi jalan," imbuh dia.
 
Warga lainnya, Supardi juga berpendapat serupa. Tak hanya mengganggu pengguna jalan yang lain, parkir di pinggir jalan juga bisa memancing kejahatan.
 
"Kalau punya garasi sendiri kan lebih aman. Kalau parkir di pinggir jalan itu banyak pencurian," kata Supardi.

Baca: Bekasi Tertarik Adopsi Kewajiban Garasi Mobil DKI

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat meminta pengendara yang hendak membeli mobil melampirkan surat keterangan memiliki garasi. "Begitu ada surat keterangan punya garasi, baru boleh punya mobil," kata Djarot di Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Rabu 6 September 2017
 
Meskipun peraturan ini baru gencar disosialisasikan saat ini, Djarot mengatakan aturan tersebut sudah ditetapkan sejak lama, "Namun belum ditegakkan, maka itu perlu disosialisasikan," ujar mantan Wali Kota Blitar itu.
 
Aturan mengenai kewajiban memiliki garasi bagi pemilik mobil pribadi mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.
 


(FZN)

KPK Beberkan Proses Penetapan Tersangka Setya Novanto

KPK Beberkan Proses Penetapan Tersangka Setya Novanto

2 hours Ago

KPK meyakinkan, semua proses hukum sudah sesuai aturan berdasarkan alat bukti permulaan yang cu…

BERITA LAINNYA