Djarot Heran Masyarakat Jakarta Masih Buang Sampah ke Kali

Damar Iradat    •    Minggu, 16 Oct 2016 13:52 WIB
banjir
Djarot Heran Masyarakat Jakarta Masih Buang Sampah ke Kali
Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat memantau pembersihan Kali Induk di Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramati Jati, Jakarta Timur, Minggu 16 Oktober/MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat hanya bisa geleng-geleng kepala saat melihat rongsokan bekas tempat tidur dan kursi berada di Kali Induk, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur.

"Ini kenapa ada bekas kasur di sini (sambil menunjuk sampah kasur di tepian Kali Induk)," ujar Djarot.

Djarot mengaku tak habis pikir dengan perilaku oknum yang membuang sampah sembarangan ke dalam kali. Apalagi, yang dibuang barang-barang seperti kasur bekas.

Bekas kasur yang ditemukannya saat blusukan pada Minggu 16 Oktober itu membuat dia menarik kesimpulan. Perilaku masyarakat Jakarta masih belum beradab.

Menurut Djarot, semua pihak terkait harus bisa saling mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Djarot meminta ketua RT, RW, lurah, dan camat lebih aktif menjelaskan kepada warganya.

Bahkan, kata dia, pelaku pembuang sampah sembarangan harus dihukum. Apalagi, sudah ada aturan yang mengatur soal buang sampah sembarangan.

"Bukan imbauan lagi, kalau sudah seperti itu, sudah melanggar ya ditangkap, harus dikasih shock therapy. Kita sudah kasih imbauan terus, tapi kalau cuma imbauan terus tidak akan dikerjakan," tegas dia.


(OJE)