Polisi Limpahkan Berkas Dua Tersangka Kasus Paedofil

Deny Irwanto    •    Kamis, 16 Mar 2017 16:50 WIB
paedofil
Polisi Limpahkan Berkas Dua Tersangka Kasus Paedofil
Stop kekerasan pada anak. Foto: Antara/Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menyerahkan berkas dua tersangka kasus kejahatan seksual terhadap anak yang diunggah ke Facebook Official Candy's Group.
 
Wadirkrimsus Polda Metro Jaya AKBP Akhmad Yusep mengatakan, berkas tersangka yang dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI atas nama DF,17, dan SHD, 16,
 
"Dua dari empat tersangka di bawah umur telah kita limpahkan tahap 1 ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Karena sesuai peraturan yang berlaku, untuk anak dibatasi lebih cepat," kata Yusep di Mapolda Metro Jaya, Kamis 16 Maret 2017.
 
Yusep menjelaskan, dalam penyidikan kasus yang menyasar anak-anak ini, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Federal Bureau of Investigation (FBI). Sebab, pihaknya menemukan akun facebook yang berasal dari Benua Amerika.
 
"Ada 12 akun,  di mana 11 akun berkapasitas internasional, kita koordinasi dengan FBI maupun pihak Facebook. Kita sudah MOU join investigasi secara serius untuk penanganan ini," kata Yusep.
 
Polisi sudah menangkap empat pelaku yaitu WW, 27, DS, 24, DF, 17, dan SHDW, 16. Keempatnya memiliki peran sebagai admin dan member grup.
 
WW pernah melecehkan dua anak perempuan di bawah umur, yaitu NNF, 12, dan YAM, 8. Tindakan serupa juga pernah dilakukan DF.
 
DF pernah melecehkan enam anak perempuan. Mereka adalah AQL, 3, WD, 8, ML, 4, FSK, 6, AF, 5, dan RK, 5.
 
Pelaku dijerat Pasal 27 ayat (1) Jo Pasal 45 ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/ atau Pasal 4 ayat (1) Jo Pasal 29 dan/atau Pasal 4 ayat (2) jo Pasal 30 UU RI Nomor 44 Tahun 2008 tentang Pornofgrafi dengan ancaman hukuman paling lama enam tahun dan denda paling banyak dan atau pidana denda paling banyak Rp6 miliar.


(FZN)