Petugas Dinsos Kawal PMKS di Vihara Selama Imlek

Ilham wibowo    •    Jumat, 16 Feb 2018 10:40 WIB
perayaan imlek
Petugas Dinsos Kawal PMKS di Vihara Selama Imlek
Petugas Dinsos Kawal PMKS di Vihara. Foto: Dokumen Dinsos DKI

Jakarta: Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta menerjunkan seluruh jajaran petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) selama perayaan Imlek di sejumlah Vihara. Mereka akan mengawal ketertiban warga yang masuk kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). 

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DKI Jakarta Chaidir mengatakan, P3S ini juga untuk mencegah maraknya PMKS yang mengganggu kenyamanan warga. Pasalnya, perayaan Imlek saban tahun dimanfaatkan para PMKS dadakan. 

"Karena sudah menjadi budaya sejak lama pengelola Vihara biasanya memberikan sembako atau angpau kepada warga sekitar sehingga banyak warga yang datang ke Vihara untuk mendapatkan peruntungan," ujar Chaidir kepada Medcom.id, Jumat, 16 Februari 2018. 

Baca: Imlek, Petak Sembilan Terbuka untuk Pengemis

Ia menuturkan, petugas tidak akan turun selama kondisi perayaan Imlek berjalan tertib. P3S mengantisipasi terjadinya desak-desakan yang menimbulkan korban.

"Petugas P3S mengedukasi para pengejar angpau agar tidak berebutan mereka harus antre dan tertib," tutur Chaidir.

Petugas P3S telah berkolaborasi dengan aparat keamanan lainnya. Antara lain, Kepolisian, TNI, Satpol PP dan satuan pengamanan vihara. Selama perayaan Imlek, kata dia, petugas yang berada di Suku Dinas Sosial juga berpatroli mengawasi beberapa Vihara.

Baca: Pengamanan Klenteng di Tangerang Diperketat Jelang Imlek

Chaidir mengatakan, pihaknya telah memetakan sebaran PMKS di sejumlah Vihara, di antaranya Vihara Bio Hok Tek Tjeng Sin di Kebayoran lama, Jakarta Selatan, Kelenteng Petak 9 Glodok di Jakarta Barat serta Vihara Avalo Kitesvera Vipassana di Graha Sunter Jaya, Jakarta Utara.

"Petugas ikut berpartisipasi dalam pengawasan perayaan Imlek agar para jemaat yang beribadah di Vihara bisa merasa aman dan nyaman. Jemaat bisa khusyuk dalam menjalankan ritual ibadahnya," tandasnya.



(AZF)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA