Kalla Prihatin Kondisi Afghanistan

Dheri Agriesta    •    Senin, 12 Mar 2018 15:14 WIB
jusuf kallakonflik afghanistanafghanistanindonesia-afghanistan
Kalla Prihatin Kondisi Afghanistan
Wakil Presiden Jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Surakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla berkali-kali menekankan kondisi Indonesia jauh lebih baik daripada Afghanistan. Meski beberapa kali ditimpa konflik, Indonesia bisa menyelesaikannya. 

"Saya bersyukur kepada Allah SWT, bahwa kita hidup di Indonesia yang punya perbedaan tapi punya kesatuan yang luar biasa," kata Kalla dalam Dies Natalis ke-42 Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Senin, 12 Maret 2018. 

Kalla sedih melihat kondisi yang dialami Afghanistan. Kondisi serupa itu juga mendera negara lain di Timur Tengah, seperti Suriah dan Yaman. 

Pria asal Makassar ini menilai, konflik berkepanjangan terjadi karena ketidakadilan ekonomi, politik, dan kehidupan sosial masyarakat. Kalla mengakui Indonesia bukan negara yang bebas dari konflik. 

Selama 72 tahun merdeka, Indonesia pernah mengalami 15 konflik besar. Sebanyak 10 dari 15 konflik itu disebabkan ketidakadilan tadi. 

(Baca juga: JK Tekankan Pentingnya Ulama dalam Perdamaian Afghanistan)

"Maka inti daripada menjawab pertanyaan bagaimana mendamaikan suatu bangsa itu ialah menciptakan keadilan," kata Kalla. 

Dia bilang Indonesia beruntung memiliki ideologi Pancasila. Sila kelima yang berbunyi Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, selalu diperjuangkan dan diamalkan seluruh elemen masyarakat. 

Kalla mencontohkan tiga konflik besar yang pernah terjadi di Indonesia, seperti Aceh, Ambon, dan Poso. Tiga konflik itu pecah bukan karena masalah agama, tapi karena tak terciptanya keadilan di tengah masyarakat. 

"Karena itu kepada seluruh pemimpin termasuk saya, tentu kepemimpinan daerah lokal keadilan harus menjadi pokok yang dicanangkan. Dalam agama Islam ditekankan tugas pemimpin menciptakan keadilan. Tanpa keadilan akan terjadi macam konflik," tandas Kalla.

(Baca juga: Kalla-MUI Bahas Persiapan Pertemuan Perdamaian Afghanistan)




(REN)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA