Wacana Pengoperasian Delman Diminta Ditinjau Ulang

   •    Kamis, 23 Nov 2017 15:46 WIB
satwa
Wacana Pengoperasian Delman Diminta Ditinjau Ulang
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/ASep Fathulrahman)

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengoperasikan kembali kuda delman di kawasan Monas sebagai salah satu daya tarik wisata. Wacana ini bertolak belakang dengan kebijakan pemerintah periode sebelumnya yang melarang kuda delman beroperasi karena alasan kesehatan.

Mariana Ferdinandez, Dokter Hewan Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menilai wacana ini perlu dipikirkan secara matang mengingat kesejahteraan satwa khususnya kuda di DKI Jakarta belum menjadi prioritas pemerintah.

"Kalau Kita lihat kondisinya, kesejahteraan kuda saat ini Kami berharap pemerintah meninjau kembali wacana ini," kata Mariana, dalam Newsline, Kamis 23 November 2017.

Mariana menilai Pemprov DKI perlu tahu bahwa kuda-kuda yang mayoritas diurus dan dikelola oleh warga bisa dikatakan jauh dari kata layak. Bahkan kesejahteraan kuda delman di ibu kota kurang dapat perhatian dari pemilik.

"Pemprov DKI perlu melihat kondisi saat ini ke tempat kuda-kuda itu dirawat seperti apa. Tempatnya, pengelolaannya, kehatan, penyediaan tempat istirahat, makanan dan minumannya. Sementara yang Kita lihat di sini kuda diparkir di pinggir jalan apa adanya," kata Mariana.

Mariana mengungkapkan pihaknya bukan tak setuju dengan wacana tersebut namun Pemprov DKI harus melihat terlebih dulu kondisi kuda-kuda yang dijadikan delman seperti apa. Pihaknya pun siap jika dilibatkan dalam pewacanaan tersebu.

"Kami siap terlibat, membantu pemilik kuda dan pemerintah seperti apa baiknya. Karena bisa dibilang di Jakarta sendiri sudah tidak layak sebenarnya," jelas Mariana.


(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA