DBD Menjangkiti Ratusan Warga Jakarta

Cindy    •    Rabu, 30 Jan 2019 15:53 WIB
demam berdarah
DBD Menjangkiti Ratusan Warga Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Cindy.

Jakarta: Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta selama Januari 2019 mencapai 662 kasus. Masyarakat diminta berperan aktif untuk menghindari penyakit yang disebarkan nyamuk aedes aegypti itu.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap masyarakat terlibat menjadi juru pemantau jentik (jumantik).
 
"Kami berharap masyarakat menjadi jumantik di rumahnya masing-masing. Ini memerlukan keterlibatan semua," kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Januari 2019.
 
Dia menegaskan, warga tak perlu menunggu instruksi gubernur (ingub) keluar untuk menangani DBD. Sebab, ingub hanya menjadi dasar hukum dan pembiayaan saja.
 
"Kita sudah instruksikan jajaran di wilayah, camat dan lurah untuk menjalankan. Ingub itu hanya landasan pembiayaan dan dasar hukum. Bukan menunggu ingub keluar baru dilaksanakan," kata Anies.

Baca: Cucu Wapres pun Kena DBD

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengklaim telah melakukan penanganan DBD secara komprehensif, preventif dan kuratif. Baik lewat sistem DBDklim (aplikasi berbasis web), mengajak masyarakat menjadi jumantik, instruksi kadar jumantik di wilayah, hingga pengasapan (fogging).
 
"Dengan prediksi DBDklim ini, kita bisa cegah DBD. Masyarakat dengan kadar jumantik juga bersama-sama lakukan PSM 3M (pembersihan sarang nyamuk, menguras menutup dan mengubur). Apabila kondisi positif (DBD), pengasapan akan dilakukan untuk membunuh nyamuk dewasa," kata Widya.




(FZN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA