Taman Anak Wajib Dilengkapi Tempat Cuci Tangan

LB Ciputri Hutabarat    •    Sabtu, 15 Oct 2016 10:05 WIB
hari cuci tangan
Taman Anak Wajib Dilengkapi Tempat Cuci Tangan
Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi saat peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016 di RPTRA Meruya Utara. Foto: MTVN/LB CIputri

Metrotvenews.com, Jakarta: Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi meminta Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Barat dilengkapi tempat mencuci tangan. Sebab, tangan tempat berkumpulnya kuman.
 
"Itu wajib hukumnya disediakan tempat cuci tangan. Karena di tempat ini banyak dikerjakan berbagai aktivitas," kata Anas saat peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia 2016 di RPTRA Meruya Utara, Jakarta Barat, Sabtu (15/10/2016).
 
Anas menerangkan, RPTRA jadi tempat paling rentan dengan kuman. Pasalnya fasilitas yang ada mengundang banyak kegiatan di RPTRA. Anak kecil sampai orang dewasa perlu menjaga kebersihan tangan menggunakan sabun.
 
"Segala sesuatu yang menyentuh tubuh kita adalah tangan. Yang membersihkan tubuh kita adalah tangan. Kalau tangan kita kotor, maka yang kita sentuh baik tubuh maupun makanan jadi kotor," ujar Anas.
 
RPTRA memnag dilengkapi posyandu dan berbagai tempat bermain anak-anak. "Kita perlu bersih agar tak menyebabkam penyakit," ujar Anas.
 
Data riset menyebutkan, diare adalah penyakit paling mematikan bagi anak kecil di Indonesia. Sebanyak 31 persen penyakit ini mematikan bagi anak di bawah usia satu tahun, 25 persen bagi anak di usia antara satu hingga empat tahun.
 
Kajian Kementerian Kesehatan 2013 pun merilis baru 18,5 persen masyarakat Indonesia mencuci tangan dengan sabun. Dalam acara ini, Dettol Indonesia menyerahkan 400 fasilitas cuci tangan yang tersebar di sekolah dan di RPTRA di Jakarta.
 
"Kami percaya menanamkan perilaku sehat sejak sini berdampak positif. Mencegah penyakit dan kematian," kata Direktur Marketinf Benckiser Indonesia, Faraz Shamsi.


(FZN)

Anies Puas dengan Strategi Kampanye

Anies Puas dengan Strategi Kampanye

21 minutes Ago

Anies mengatakan, dirinya dan Sandi tidak akan merubah strategi berkampanye. 

BERITA LAINNYA