USBN SMP Tertunda karena Pilkada DKI

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 19 Apr 2017 06:39 WIB
ujian nasionalpilgub dki 2017
USBN SMP Tertunda karena Pilkada DKI
Ilustrasi. Foto: Antara/Maulana

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Supriano mengatakan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) hari terakhir untuk tingkat SMP di wilayah Jakarta ditunda. Penundaan dilakukan karena ujian bertepatan dengan hari pemilihan putaran kedua Pilkada DKI hari ini.

USBN SMP yang diselenggarakan mulai 17 hingga 19 April mengujikan tiga mata pelajaran, yakni Pendidikan Agama, PPKN, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

"Besok, (USBN) untuk Jakarta ditunda karena pelaksanaan pilkada putaran kedua dan diganti Kamis 20 April," ujar Supriano seperti dikutip Antara, Selasa 18 April 2017.

Dia mengatakan sejauh ini pelaksanaan USBN untuk tingkat SMP berjalan lancar. Belum ada laporan mengenai kecurangan seperti halnya USBN SMA.

"Kami minta sekolah terus menjaga kejujuran. Prestasi memang penting, tetapi jujur lebih utama," kata Supriano.

Kejujuran menjadi hal yang penting karena kelulusan tidak hanya ditentukan prestasi akademik, namun juga perilaku dan keseharian dari anak.

Penundaan juga dilakukan untuk UN susulan SMA, khususnya hari terakhir. UN susulan SMA dilakukan pada 18 dan 19 April. Nizam mengatakan jumlah siswa yang mengikuti UN susulan tak terlalu banyak sehingga pelaksanaannya digabungkan antara SMA dan SMK. "Sekitar 30.000 hingga 40.000 siswa."

Alasan mengikuti UN susulan pun beragam seperti kendala teknis pada pelaksanaan UNBK hingga anak tidak bisa mengikuti karena sakit. "Kami berharap pelaksanaan UN susulan berjalan lancar," kata Nizam.




(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA