Banyak Sampah, Perbaikan Incenerator Pulau Seribu Dikebut

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 07 Apr 2015 20:03 WIB
sampahmusrenbang dki
Banyak Sampah, Perbaikan Incenerator Pulau Seribu Dikebut
Ilustrasi sampah pulau seribu. (Foto:Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mempercepat perbaikan alat pemusnah sampah (Incenerator) yang ada di Kepulauan Seribu. Sebab, dari 11 alat yang ada, hanya tiga yang berfungsi normal. Akibatnya, sampah menumpuk di pulau yang menjadi destinasi wisata Ibu Kota itu.
 
"Incenerator ada yang harus diperbarui dan diperbaiki, beberapa yang rusak nanti diganti. Mudah-mudahan ada di program 2015," kata Kepala Dinas Kebersihan Saptastri Ediningtyas, di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (7/4/2015).
 
Tyas mengklaim, semua alat pengangkut sampah di Kepulauan Seribu berfungsi dengan baik. Pelatihan pilah sampah untuk warga Kepulauan Seribu, telah dilakukan.
 
Selain itu, ada program pengelolaan sampah lokal terpadu yang dibagi tiga tahap. Pertama, PKPK Kelurahan sesuai tanggungjawab teritorialnya melakukan pengumpulan sampah minimal tiga kali sehari, kedua, petugas sudin kebersihan mengambil sampah dari titik kumpul sampah untuk dibawa ke incenerator, ketiga, pemusnahan sampah di incenerator.
 
Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu, Tri Djoko Sri berharap, perbaikan delapan alat tersebut bisa dipercepat. Sebab, penangulangan masalah sampah sudah mendesak. "Saya harap semua incenerator berfungsi tahun 2016," kata Tri.
 
Tak hanya perbaikan alat, untuk mengatasi masalah sampah, Ia meminta kelurahan menyediakan tempat sampah setiap 10 meter di tiap jalan.  "Kelurahan harus menyediakan tempat sampah, standarnya, ada satu tempat sampah setiap 10 meter,” ujarnya.
 


(FZN)