NasDem Dukung Sumarsono Masukkan Hibah Bamus Betawi

Wandi Yusuf    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:55 WIB
pemprov dki
NasDem Dukung Sumarsono Masukkan Hibah Bamus Betawi
Plt Gubernur DKI Sumarsono (tengah)/ANT/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus mengapresiasi langkah Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono yang mendorong dana hibah Bamus Betawi masuk APBD DKI Jakarta 2016.

"Begini, perda tentang pelestarian budaya Betawi sudah selesai. Di dalamya ada kewajiban pemerintah (Pemprov DKI) melestarikan budaya Betawi. Nah, jadi saya rasa tidak ada masalah," kata Bestari, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/11/2016).

Bestari meminta penerima hibah membelanjakan dengan benar anggaran yang diberikan. Caranya, dengan mencatat seluruh penggunaan anggaran dan dilaporkan dengan baik.

"Kami juga berharap kawan-kawan penerima hibah tidak kemudian mendukung parpol tertentu, supaya tidak ada kepentingan," kata Bestari.

Baca: Ahok: Pak Sumarsono Mau Baik-baikin DPRD

Untuk besaran, Bestari tak memusingkannya. Selama dana tersebut dialokasikan untuk budaya Betawi, ia mendukung. "Mau Rp2,5 miliar atau Rp5 miliar, silakan," kata dia.

Bestari juga mengapresiasi langkah Sumarsono yang bersikap netral ke semua partai politik. Menurutnya, DPRD DKI bakal mendukung langkah Sumarsono untuk setiap kebijakan pro-rakyat.

Baca: Sumarsono: Tak Boleh Bangun Jakarta Tanpa Betawi

Sebelumnya, Sumarsono menyatakan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyepakati usulan hibah untuk Bamus Betawi.

"(Hibah) Bamus Betawi masuk anggaran 2016 dan itu pula yang kemudian diusulkan dan disetujui gubernur petahana," kata Sumarsono, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Kemudian, hibah Bamus Betawi juga telah diusulkan pada Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2017. Eksekutif dan legislatif telah menyepakati hibah tersebut.

"Tidak satu sen pun saya tambahkan atau saya kurangi. Yang saya lakukan adalah ketika bantuan senilai Rp5 miliar untuk bamus dan bamusnya adalah Bamus Betawi. Ini Jakarta. Jakarta tidak bisa lepas dari Betawi," kata Sumarsono.




(UWA)