Optimalisasi Waduk di Jaksel Dipercaya Kurangi Banjir Hingga 30 Persen

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 19 Oct 2016 05:58 WIB
banjir jakarta
Optimalisasi  Waduk di Jaksel Dipercaya Kurangi Banjir Hingga 30 Persen
Banjir saat melanda Kemang, Jaksel. (ANT/Ali Q)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI akan segera menuntaskan proyek pembangunan waduk di Jakarta Selatan. Di antaranya Waduk Brigif di Cipedak, Waduk Jagakarsa di Jagakarsa, Waduk Rawaminyak di Pasar Minggu dan Waduk Kodamar di Cilandak. Itu 

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan pembangunan waduk akan segera dituntaskan tahun ini. Terutama Waduk Brigif di Cipedak dengan total luas mencapai sebelas hektare. Waduk ini akan menjadi penampungan utama saat Kali Krukut meluap yang kerap kali menyebabkan banjir.

Selain itu, waduk-waduk lainnya juga akan segera dituntaskan pembangunannya. Teguh yakin masalah banjir di Jakarta Selatan akan berkurang jika semua waduk tersebut sudah berfungsi maksimal.

"Kalau misalnya di Jaksel ada waduk Brigif, Jagakarsa, Rawaminyak, dan Kodamar, saya yakin tampungannya akan banyak jadi bisa menguragi 20-30 % banjir," kata Teguh saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (18/10/2016).

Dari penelusuran yang dilakukan Metrotvnews.com ke beberapa waduk diatas, proyek pembangunan waduk justru mangkrak. Seperti di Waduk Brigif, empat alat berat jenis eskavator dibiarkan dan tak berfungsi.

Salah satu warga di sekitar waduk, Usman, sudah empat bulan proyek pembangunan waduk tidak berjalan. Ia menduga proyek mangkrak karena masih ada sejumlah lahan warga yang masih belum dibayarkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Sudah lama engga dikeruk, alat berat cuma malem aja ada yang jaga. Terakhir bulan puasa dikerjain," kata Usman kepada Metrotvnews.com, di Jalan H.Aselih Cipedak, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Dinas Tata Air DKI Jakarta rencananya tahun ini akan memaksimalkan fungsi tiga waduk besar yang ada di Jakarta Selatan. Hal tersebut guna mengatasi banjir yang kerap merendam kawasan Jakarta Selatan. Tiga waduk tersebut adalah Waduk Rawaminyak, Waduk Jagakarsa dan Waduk Brigif.


(LDS)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA