M Taufik Jadi Penguji Calon Wagub DKI

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 09 Nov 2018 15:12 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
M Taufik Jadi Penguji Calon Wagub DKI
M Taufik - Medcom.id/Intan Yunelia

Jakarta: Ketua DPD Gerindra M Taufik bakal menguji kelayakan dari kandidat pengganti Wakil Gubernur DKI. Politikus Gerindra Prabowo Soenirman mengkonfirmasi hal itu.

"Ketua kita pasti masuk (tim fit and proper test)," kata Prabowo di Kompleks DPRD, Jumat, 9 November 2018.

Taufik sebagai Ketua DPD Gerindra, dianggap paling pantas merepresentasikan Partai Gerindra di DKI. Dengan demikian, apa yang diinginkan atau disyaratkan Partai Gerindra bisa diakomodir dalam seleksi. Selain Taufik, Gerindra memberi sinyal akan melibatkan pihak dari luar. "Mungkin satunya lagi dari kalangan akademisi," imbuh Prabowo.

Posisi Gerindra, ujarnya, masih menunggu pengajuan nama-nama tim seleksi dari PKS. Sebab sampai saat ini hal itu, masih belum disampaikan.

Baca: PKS Harap Tes Cawagub Bukan Upaya Penjegalan

Ia lantas memberikan sedikit bocoran mengenai penilaian tim fit and proper. Salah satunya yakni persamaan visi dan misi dengan Gubernur Jakarta. "Dan pasti kandidat harus mengeri persoalan yang terjadi di Jakarta," tandasnya.

Sebelumnya, Taufik sempat mengatakan pihaknya berpeluang mengajukan kandidat pengganti Wagub DKI. Hal itu akan dilakukan jika kandidat-kandidat dari PKS tak lolos fit and proper test.

Sejatinya, kursi wagub DKI telah sepakat diberikan kepada PKS. Saat ini, PKS telah mengusulkan dua nama, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Posisi Wagub DKI kosong lepas Sandiaga Uno mengundurkan diri guna maju menjadi calon wakil presiden.


(YDH)