MRT Jakarta Fase III Terbentang 31 Km

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 11 Jan 2019 14:13 WIB
Proyek MRT
MRT Jakarta Fase III Terbentang 31 Km
Direktur Utama PT Mass Rapid Transportation Jakarta (MRT Jakarta) William Sabandar - Medcom.id/Dian Ihsan Siregar..

Jakarta: ‎PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sedang menyiapkan program pembangunan MRT Jakarta sepanjang 31 kilometer (km). Jarak itu akan terkoneksi ‎dari Kalideres, Jakarta Barat hingga ujung Menteng, Jakarta Timur.

‎"Yang sedang kita siapkan fase III, jadi dari barat ke timur sepanjang 31 km," ucap ‎Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar ‎saat wawancara khusus bersama Medcom.id‎, Jumat, 11 Januari 2018.

Pada saat ini, bilang William, sedang menyiapkan desain konstruksi dan basic engineering. Harapannya, jika desain selesai, maka tahun depan akan melakukan implementasi untuk fase III.

"Jadi basic engineering design sedang dilaksanakan Kementerian Perhubungan. Dalam waktu singkat‎, kalau desain selesai, maka akan kita lakukan MRT Jakarta fase III. Jadinya setiap segmen fase II dan III akan bisa selesai di 2024-2025," jelas dia.

Pembangunan fase II‎, bilang William, akan dilakukan groundbreaking pada bulan ini. Rutenya dari Bundaran HI hingga Jakarta Kota, sebelumnya memang diarahkan ke Kampung Bandan, Jakarta Utara.

"Pembangunan fase II, kalau bisa efektif tahun 2020 dikerjakan. Maka 2024 akhir kita akan bisa beroperasi di Bunderan HI hingga Stasiun Jakarta Kota," tegas dia.

Dia mengaku, memang ‎ada salah satu stasiun MRT fase II di depan Gedung Kemenhub, tapi semua itu tidak masalah. Karena, manajemen telah berkoordinasi terus dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

"Karena itu kawasan revitalisasi Istana, kita juga berkoordinasi dengan Kemensetneg. Rekomendasi-rekomendasi sudah diberikan dan pertama untuk fase II ini akan kita canangkan di bulan ini. Groundbreakingnya sedang kita cari kemungkinan minggu terakhir Januari ini," pungkas dia.


(YDH)