Anjing Peliharaan akan Dipasangi Microchip

Nur Azizah    •    Selasa, 09 Oct 2018 13:23 WIB
hewan peliharaan
Anjing Peliharaan akan Dipasangi Microchip
Petugas memeriksa hewan peliharaan anjing di kawasan Mangga Dua Selatan, Jakarta. Foto: Antara/Galih Pradipta

Metrotvnews: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memasang microchip pada semua anjing peliharaan. Microchip itu menandakan bahwa hewan telah disuntik vaksin rabies.
 
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Sri Hartati mengatakan, pemasangan identitas ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 199 Tahun 2016. Pemasangan microchip ini sebagai pendataan identitas hewan dan status kesehatan.
 
"Program ini juga untuk pengendalian penyakit rabies di DKI Jakarta, pendataan, identifikasi, ini salah satu cara aja," kata Sri saat dihubungi, Selasa, 9 Oktober 2018.

Baca: Alasan Anjing Tak Senang Dielus Kepalanya

Chip berukuran seperti biji beras tersebut disuntikan ke leher belakang, tepatnya di bawah kulit. Sebelum dipasang, dokter akan memeriksa kesehatan hewan, apabila dalam keadaan hamil, sakit, atau di bawah 5 bulan microchip tidak akan dipasang.
 
Bila sudah dipasang, anjing akan difoto. Setelahnya, petugas akan mengeluarkan kartu identitas.
 
Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta akan membagikan 500 microchip ke pemilik anjing secara gratis. Ia berharap, masyarakat mengikuti aturan ini.




(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA