Lokasi Depo MRT Dipindah

Nur Azizah    •    Rabu, 05 Dec 2018 06:00 WIB
Proyek MRT
Lokasi Depo MRT Dipindah
Kereta MRT di Depo Lebak Bulus. Foto: MI/Adam Dwi

Jakarta: Lokasi Depo Moda Raya Terpadu (MRT) dipindah. Dari yang semula di Kampung Bandan menjadi di Stadion BMW, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemindahan itu karena status lahan yang bermasalah. Masalah sengketa lahan yang tak kunjung selesai dikhawatirkan menghambat proses pembangunan.

"Kampung Bandan itu lahannya bermasalah. Jadi kami putuskan untuk memilih lahan yang enggak bersengketa," ujar Anies di Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 4 Desember 2018.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta William Sabandar mengungkapkan rencana pemindahan itu. Wacana itu muncul usai Rapat Pimpinan Terbatas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 9 Oktober 2018. 

"Alasan perubahan itu untuk mengembangkan Stadion BMW, yang jaraknya sekitar tiga kilometer dari Stasiun Ancol," ujar William di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis, 29 November 2018. 

Sebelum memindahkan depo, PT MRT Jakarta harus melakukan feasibility study (FS) baru di jalur Kota-Stadion BMW. Dampaknya, dana pembangunan Fase II akan bertambah. 

Selain itu, waktu pengejaran jalur MRT Fase II akan sedikit molor. Kendati demikian, PT MRT akan berdiskusi lebih lanjut kepada JICA selaku pendonor dana.


(LDS)