Interior MRT & KRL, Serupa Tapi tak Sama

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 12 Oct 2017 12:39 WIB
mrt
Interior MRT & KRL, Serupa Tapi tak Sama
Ilustrasi. Foto: MI/Usman

Metrotvnews.com, Jakarta: Desain interior kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tidak terlalu berbeda dengan kereta Commuter Line yang sudah ada di Jakarta. Namun, ada sejumlah perbedaan untuk menambah kenyamanan pada penumpnag.
 
Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim, menjelaskan, satu set kereta MRT memiliki enam gerbong. Interior desain kereta tidak jauh berbeda dengan kereta Commuter Line yang sudah ada di Jakarta.

Baca: Masinis MRT Dilatih di Luar Negeri

“Interior tempat duduknya di samping, sama seperti KCJ. Ini ada filosofi kenapa di samping, untuk efisiensi bisa menampung banyak orang dibanding hadap ke depan,” jelas Silvia di Kantor MRT Jakarta, Gedung Wisma Nusantara, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 11 Oktober 2017.
 
Namun, dua gerbong di tengah rangkaian kereta tak disediakan tempat duduk. Tujuannya, untuk memenuhi kebutuhan penumpang prioritas, yakni disabilitas, ibu hamil dan lansia. “Jadi gerbong itu enggak ada kursinya, khusus untuk wheelchair (kursi roda),” kata Silvia.
 
Dua gerbong itu sengaja ditempatkan di tengah rangkaian. Silvia menjelaskan, posisi gerbong sudah disesuaikan dengan lokasi lift yang berada di tengah-tengah stasiun sehingga posisi gerbong dan lift sudah pas.

Baca: Pembangunan MRT Fase I Mencapai 80,15%

Kendati demikian, gerbong tersebut masih bisa ditumpangi oleh penumpang biasa. Tiap gerbong kereta mampu memuat 200-300 orang.
 
Desain lainnya yang berbeda adalah tidak adanya rak tas di atas tempat duduk. “Karena kan ini perjalanan sebentar, sehingga dari segi kebutuhan juga tidak diperlukan, makanya ditiadakan,” ujar Silvia.
 
Kendati demikian, tempat penyimpanan tas disediakan di dua gerbong prioritas. “Cuma dipasang di area untuk prioritas untuk lansia dan ibu hamil yang butuh tempat untuk barang-barang mereka,” katanya.




(FZN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA