Monas Bau Pesing Usai Malam Tahun Baru

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 02 Jan 2018 21:12 WIB
monas
Monas Bau Pesing Usai Malam Tahun Baru
Suasana kawasan Monumen Nasional pada 1 Januari 2018. Beberapa kawasan Monas berbau pesing karena pengunjung kencing sembarangan saat perayaan malam tahun baru. MI/M Irfan.

Jakarta: Kepala Sub Bagian Tata Usaha Monumen Nasional (Monas) Arista mengatakan, banyak pengunjung yang buang air kecil sembarangan saat malam pergantian tahun 2018 di Monas. Sebagian pengunjung buang air kecil di area pepohonan Monas.

"Kita pastikan itu urine manusia. Bukan urine kuda delman atau semacamnya. Hanya manusia yang diizinkan masuk lokasi Monas," kata Arista kepada Medcom.id di Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Januari 2018.

Arista menceritakan, petugas kebersihan menyadari hal itu saat pengunjung meninggalkan lokasi pada Senin, 1 Januari 2018, dini hari. Lokasi yang mulai sepi membuat petugas kebersihan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas bersiap membersihkan sampah di seluruh area.

Sekitar pukul 02.00 WIB, pengunjung sudah tak terlihat sama sekali. Hal ini membuat mobil operasional UPK Monas pun leluasa hilir mudik mengangkut sampah. Pekerjaan harus diselesaikan dengan cepat, karena Monas akan kembali dibuka pukul 08.00 WIB.

Saat berjibaku membersihkan sampah, petugas mencium aroma tak sedap di beberapa sudut Monas yang ditumbuhi pepohonan rimbun. "Mungkin area ini yang dimanfaatkan pengunjung yang tidak sabar menunggu toilet," kata Arista.

Petugas kebersihan pun semakin repot. Mobil operasional pengangkut air diturunkan menyiram beberapa area yang berbau pesing. Tak sanggup bekerja sendiri, UPK Monas pun meminta bantuan dua mobil pemadan kebakaran.

Seluruh unit kerja UPK Monas turut mengguyur area berbau pesing dan memunguti sampah. Banyaknya sampah dan area berbau pesing membuat pekerjaan mereka tak selesai tepat waktu.

"Kita tidak tepat waktu. Kita pending pintu dibuka menjadi satu jam. Akhirnya kita berani buka pukul 09.00 dengan sampah yang masih tersisa di rerumputan. Sementara pengunjung sudah membludak menunggu di depan pintu masuk," ucap Arista.

Saat dibuka pukul 09.00 WIB pun, kawasan Monas tak seratus persen bersih dari sampah dan bau pesing. Alhasil, pengunjung yang mulai memadati kawasan Monas untuk liburan pun bisa mencium bau pesing di beberapa sudut.

"Ini yang kita sesalkan dari pengunjung. Banyak yang tidak patuhi aturan di Monas. Sebenarnya, asal mereka mau mengantre toilet, seharusnya kejadian ini tidak terjadi," tutup Arista.


(DRI)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

1 day Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA