Pilkada Serentak 2017

Anies Baswedan: Saya Diundang Ikut Pencalonan

Dheri Agriesta    •    Jumat, 23 Sep 2016 20:51 WIB
pilgub dki 2017
 Anies Baswedan: Saya Diundang Ikut Pencalonan
Koalisi Kertanegara (Gerindra dan PKS) resmi mengusung pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Anies Baswedan - Sandiaga Uno (Foto: MTVN/ Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anies Baswedan tak pernah dibahas di awal proses pencalonan gubernur dan wakil gubernur. Nama mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini masuk di menit terakhir proses pendaftaran pilkada DKI.

Anies diusung sebagai calon gubernur oleh dua partai, Gerindra dan PKS, dengan calon wakil gubernur Sandiaga Salahudin Uno. Anies mengaku terhormat mendapatkan tanggung jawab serupa ini.

"Prosesnya saya diundang untuk mengikuti pencalonan. Dan saya berdialog dengan mas Sandi," kata Anies di kediaman orangtua Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2016).

Anies tak asing dengan Sandi. Sandi merupakan sahabat lama, bahkan orangtua mereka berteman sejak duduk di bangku kuliah.

Setelah berdialog dengan Sandiaga, Anies mengaku menerima undangan yang diberikan poros Kertanegara. Anies pun membantah pernah menolak untuk maju sebagai calon gubernur.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengaku tak pernah menolak tugas yang datang. Ia selalu menyatakan siap untuk setiap tugas yang menghampirinya.

"Saya akan selalu menyatakan siap. Setiap kali ada undangan untuk tugas, saya selalu siap," kata Anies.

Perjalanan pasangan Anies dan Sandi tak berjalan mulus. Sandiaga mengaku tertarik untuk berpasangan dengan Anies Baswedan, padahal saat itu Sandiaga akan dipasangkan dengan politikus PKS Mardani Ali Sera.

Sandiaga pun mengaku bersedia menjadi orang nomor dua jika berpasangan dengan Anies. Padahal, Sandiaga merupakan calon gubernur yang telah dideklarasikan Gerindra.

Kemarin, Sandiaga mengaku telah sepakat untuk membangun Jakarta bersama Anies. Kesepakatan itu tercapai setelah pertemuan antara keduanya.

Pilihan Sandiaga tak langsung diterima Gerindra dan PKS. Pimpinan dua partai ini bertemu di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara sejak pukul 14.00 WIB, kemarin. Pertemuan berlangsung hingga subuh.

Dalam pertemuan itu hadir Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Presiden PKS Sohibul Iman, Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Dewan Syuro Hidayat Nur Wahid, Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik, dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Pertemuan yang berlangsung hingga subuh itu tak menemukan kesepakatan. Pertemuan pun dilanjutkan selepas salat Jumat tadi. Sandiaga dan Anies ikut dalam pertemuan ini.

Sohibul mengaku, kedua partai melakukan penggodokan dan pencarian calon gubernur dan wakil gubernur dengan teliti. Hal ini dilakukan demi kualitas demokrasi yang lebih baik ke depannya.

"Di depan masyarakat kami ingin menunjukkan keseriusan kami karena itu kami memunculkan dua tokoh terbaik. Anies Rasyid Baswedan sebagai calon gubernur, dan Sandiaga Uno sebagai cawagub," pungkas Sohibul.


(ALB)

Video /