Sandiaga Minta Perubahan RPTRA tak Jadi Polemik

M Sholahadhin Azhar    •    Sabtu, 14 Apr 2018 11:45 WIB
rptra
Sandiaga Minta Perubahan RPTRA tak Jadi Polemik
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Pemprov DKI akan mengubah nama Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) besutan eks Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi Taman Maju Bersama dan Taman Pintar. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta masyarakat menghormati keputusan itu.
 
Ia juga meminta supaya tak ada pihak yang membanding-bandingkan keduanya. "Janganlah dibanding-bandingkan antara RPTRA dan RTH. Kita akan upgrade dengan (RTH) Taman Maju Bersama dan Taman Pintar," kata Sandiaga di RPTRA Pulo Gundul, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 April 2018.
 
Menurut dia, RPTRA merupakan inisiasi pemerintah Jakarta sebelumnya. Sejak zaman Sutiyoso, Fauzi Bowo, Joko Widodo, Basuki Tjahja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. Namun saat ini, pembangunan ruang tersebut akan diupgrade.
 
"Bedanya, RPTRA kan pemerintah sebelumnya. Kita sekarang masuk ke RPTRA 5.0, itu adalah RTH Taman Maju Bersama dan Taman Pintar," katanya.

Baca: Lulung Setuju Perubahan Nama Program Pemprov DKI

Dikatakan Sandiaga, ia ingin RPTRA ditingkatkan dari segi aktifitas dan kemanfaatannya. Supaya lebih memberi pemanfaatan pada lingkungan. Misalnya dengan mengintegrasikan RTH bersama OKE OCARE, atay perpustakaaan.
 
"Yang jelas penggunaan RTH ini enggak akan dibatasi, yang penting untuk masyarakat," sebut Sandiaga.
 
Dalam kesempatan itu, Wagub sempat mengukuhkan beberapa relawan OKE OCARE dari seluruh wilayah Ibu Kota. Pun demikian, hanya kawasan besar saja yang memiliki relawan. Sementara daerah seperti Kepulauan Seribu tak memiliki personil OKE OCARE.
 
"Ya, ke depan harus ada dari Kepulauan Seribu," tandas Sandiaga.


(FZN)