DPRD DKI Jamin APBD DKI di Masa Transisi Berjalan Mulus

Sri Utami    •    Kamis, 20 Apr 2017 17:39 WIB
kisruh apbd dki
DPRD DKI Jamin APBD DKI di Masa Transisi Berjalan Mulus
Pimpinan DPRD DKI Jakarta. Foto: MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: DPRD DKI tidak akan mempermasalahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI yang telah disusun Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Semua program yang sudah masuk dalam APBD akan dijalankan oleh gubernur terpilih versi hitung cepat Anies Baswedan.
 
Wakil ketua DPRD DKI JakartaTriwisaksana mengatakan, pihaknya akan memuluskan program yang akan diajukan dalam APBD mendatang. Hal itu sebagai kesepakatan kerja sama dalam proses transisi pemerintahan daerah.
 
“Ini sebagai kesepatakan program bersama dan gubernur pun sudah membuka diri. Jadi kemungkinan besar dewan akan menerima,”kata Triwisaksana di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis 20 April 2017.
 
Menurut Triwisaksana, usulan program yang diajukan sebelum pelantikan tersebut menyiratkan Basuki Tjahja Purnama berjiwa besar dan dewasa dalam berdemokrasi.
 
“Jelas ini mencerminkan sikap legawa pak Basuki. Dan secara jadwal masih memungkinkan. Tapi sebenarnya tergantung gubernur maunya bagaimana, apakah masuk di rancangan anggaran atau perubahannya,” ujar politikus PKS itu.
 
Hal serupa diutarakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik. Politikus Gerindra itu yakin tidak akan ada kebuntuan saat penyusunan APBD DKI Jakarta. Hal itu, kata Taufik, bukan karena partai pengusung Anies-Sandiaga di DPRD melunak.
 
"Untuk apa dipersulit, orang buat masyarakat. Enggaklah (tidak akan deadlock)," kata Taufik.
 
Taufik mencontohkan pengesahan APBD DKI Jakarta 2017 oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono. Saat itu tidak ada ketegangan pada penyusunan APBD DKI. "Plt lancar, Plt didukung siapa? Enggak ada kan. Lancar aja," ujar Taufik.
 
DPRD dan Ahok kerap berseteru pendapat soal penyusunan APBD. Bahkan, pembahasan APBD sempat buntu pada 2015. Ketika itu Pemprov DKI akhirnya menggunakan APBD dengan pergub, bukan perda.
 


(FZN)