Djarot: Perempuan Bukan Hanya Kanca Wingking

Intan fauzi    •    Jumat, 21 Apr 2017 13:21 WIB
hari kartini
Djarot: Perempuan Bukan Hanya <i>Kanca Wingking</i>
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berdiskusi dengan Djarot Saiful Hidayat. Foto: Antara/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berpendapat, sosok R.A. Kartini telah menginspirasi kaum perempuan. Kartini memulai pandangan perempuan dan lelaki adalah setara.

Djarot mencontohkan sosok Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Mega membuktikan bila perempuan bukan hanya kanca wingking, istilah Jawa yang memiliki arti bila perempuan merupakan teman di dapur.

"Perempuan bukan itu hanya sebagai kanca wingking. Dia juga harus membantu suami membesarkan anak-anak. Jadi lebih baiknya bangsa kita ini tergantung kepada kaum perempuan bagaimana bisa enggak menginspirasi suaminya menginspirasi anak-anaknya ya dan menginspirasi generasi mendatang," ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 21 April 2017.

Penyataan Djarot menanggapi peringatan Hari Kartini setiap 21 April. Peringatan ini dimaknai sebagai perjuangan kesetaraan gender di Indonesia yang memiliki makna istimewa bagi kaum perempuan.

Menurut Djarot, Pemprov DKI sudah peduli dengan perempuan melalui pelibatan dalam berbagai program di DKI. Di antaranya, ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), ketuk pintu layani dengan hati, PKK Dasa Wisma, dan UMKM.

"Kemudian termasuk juga kita dalam menata Jakarta tidak pandang bulu laki atau perempuan. Itu kan juga mengangkat kaum perempuan di Jakarta," sebut Djarot.

Baca: Kartini di Sekeliling Presiden Jokowi

Di dalam birokrasi pun Pemprov DKI Jakarta tidak membedakan perempuan dan laki-laki. Posisi camat, lurah, maupun kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga diberikan kepada perempuan.

"Jadi sebetulnya spesifik program kita sangat berpihak pada perempuan, termasuk juga menyediakan membangun trotoar untuk perempuan yang pakai sepatu tinggi, Transjakarta yang khusus kaum perempuan," tutur Djarot.




(OGI)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

3 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA