Anies Cabut Raperda Reklamasi

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 15 Dec 2017 10:00 WIB
reklamasi teluk jakarta
Anies Cabut Raperda Reklamasi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: ANT/Rosa Pangabean

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mencabut dua Raperda yang mengatur reklamasi Teluk Jakarta. Anies tidak ingin pantai Jakarta hanya untuk sektor komersil.
 
Kedua Raperda yang dicabut adalah Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantas Utara Jakarta (RTKS) dan Rancangan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).
 
"Kemarin, DPRD sudah menyerahkan surat pengembalian atas  dua Raperda yaitu  terkait RTRKS Pantura Jakarta dengan raperda RZWP3K," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Desember 2017.
 
Setelah menerima dua salinan Raperda tersebut, Anies akan membentuk tim untuk penataan konseptual membahas Raperda yang baru. Raperda yang baru akan dikaji dari faktor sosiologis, ekonomis dan strategi global.

Baca: Luhut tak Masalah Anies-Sandi Tolak Reklamasi

 

"Tim ini nanti akan bekerja, belum diumumkan orangnya, namanya, tapi kita sudah mempersiapkan," ujarnya.
 
Anies mengatakan, penataan kawasan pantai di Jakarta harus memiliki nilai strategis secara nasional. Bukan sekedar pantai yang diperuntukan untuk sektor-sektor lain (komersil).
 
"Karena itu dari aspek keamanan pun harus sangat diperhitungkan," ujar Anies.
 
Usulan pencabutan dua Raperda ini sudah dikirimkan Anies ke Bapemperda DPRD DKI pada 22 November 2017 lalu. Hal itu dilakukan untuk membatalkan dua Raperda yang pernah diajukan Gubernur DKI sebelumnya Djarot Saiful Hidayat pada 6 Oktober 2017.
 
Djarot saat itu mendesak DPRD DKI segera membahas dan mengesahkan dua Raperda tersebut. Pasalnya, moratorium reklamasi pantai Utara Jakarta sudah dicabut oleh pemerintah pusat melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.




(FZN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA