Langkah Anies Mengurangi Polusi Udara

Nur Azizah    •    Kamis, 06 Dec 2018 19:21 WIB
pencemaranpolusi udara
Langkah Anies Mengurangi Polusi Udara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota. Foto: MTVN/Nur Azizah

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengaku telah mengantongi cara mengatasi polusi udara. Cara tersebut yakni dengan mengintegrasikan transportasi massal untuk mengurangi kendaraan pribadi.

"Kalau kita memilih kendaraan umum, otomatis kita akan mengurangi polusi di Jakarta. Strategi Pemprov membangu  transportasi umum massal yang terintegrasi. Jakarta Lingko (Jak Lingko) namanya," ujar Anies di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.

Anies menuturkan, jangkauan Jak Lingko akan diperluas pada tahun depan. Dengan begitu, lanjut dia, 90 persen warga Ibu Kota dapat terangkut dengan angkutan umum.

"Warga Jakarta jadi mudah naik kendaraan umum. Kalau itu terjadi, maka insyaallah kualitas udara kita akan membaik," ujar Anies.

Baca: Pemerintah Bakal Digugat Terkait Pencemaran Udara di Jakarta

Masyarakat yang tergabung dalam Gerakan Inisiatif Bersihkan Udara Koalisi Semesta berencana menuntut Anies terkait pencemaran udara di Jakarta. Selain Anies, mereka juga akan menuntut Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Notifikasi gugatan warga negara atau Citizen Law Suit (CLS) itu dilayangkan sebagai bentuk kekecewaan kepada pemerintah akibat lalai menangani polusi udara di Jakarta. 

Anies pun tak memusingkan rencana penuntutan tersebut. "Ya kami apresiasi masyarakat peduli dengan polusi udara di DKI," kata dia.


(AZF)