Dharma Jaya dan Food Station Diyakini Mampu Mengendalikan Harga

Intan fauzi    •    Selasa, 14 Nov 2017 14:56 WIB
ketahanan pangan
Dharma Jaya dan Food Station Diyakini Mampu Mengendalikan Harga
Sekda DKI Saefullah/MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menegaskan PD Dharma Jaya dan Food Station bisa mengendalikan harga meski penyertaan modal daerah (PMD) dihapus. Kekhawatiran DPRD DKI soal ketahanan pangan pun diyakini tak akan terjadi.

"Bagaimana nanti Food Sation dengan segala fungsi dan perannya biar berkiprah dengan swasta. Persentase kecil saja bisa menjaga stabilitas harga," kata Saefullah dalam rapat badan anggaran di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa 14 November 2017.

Baca: DPRD Kritik Anies yang Dinilai Serampangan Menghapus PMD

Persentase kedua perusahaan pelat merah yang menangani pangan selalu dipantau Asisten Perekonomian Sekda DKI Jakarta. Saefullah mengungkapkan, dua tahun terakhir, bahkan saat hari raya, tak ada kenaikan harga pangan yang signifikan.

"Karena intervensi dari tim pengendali inflasi daerah (TPID) memantau harga pasar. Peran Bulog juga di sini luar biasa," beber Saefullah.

Pemprov DKI juga sedang mengaudit penggunaan PMD kedua BUMD itu pada 2017. "Jadi terhadap ketahanan pangan, arahan gubernur dan wakil gubernur dapat kita lalukan penjaminan," ucap dia.

Saefullah mengaku tetap menghargai dinamika dalam rapat.


(OJE)