Wali Kota Jakbar Bantah Jadi `Centeng` di Jakarta Barat

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 22 Sep 2016 17:01 WIB
penggusuran
Wali Kota Jakbar Bantah Jadi `Centeng` di Jakarta Barat
Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi. Foto: Dok/barat.jakarta.go.ig

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi membantah sebagai centeng di Jakarta Barat. Ungkapan ini dia katakan setelah mendapat tudingan dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Anas diduga salah gusur rumah warga. "Bukan centeng, kita kan pemerintah melaksanakan tugas," kata Anas saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (22/9/2016).

Pagi tadi, Andre, 45 mengadu kepada Ahok karena rumahnya di Krendang Utara, Jakarra Barat digusur. Andre bilang, seharusnya Pemkot Jakarta Barat menggusur di Krendang Indah, Jakbar.

Namun, Anas menjelaskan penertiban bangunan milik Andre karena berdiri di atas lahan milik orang lain. Hunian yang didirikan tak berizin. "November 2015, bangunan itu kita menertibkan di atas milik warga, itu milik orang, dia nempatin tanpa izin," ucap Anas.

Penggusuran itu, lanjut Anas, juga dilakukan setelah berkoordinasi dengan warga. Warga yang tak terima digusur juga sudah mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat dan ditolak oleh hakim.

"Mungkin dia kurang puas lapor ke Pak Gubernur (Ahok). Itu masalah sudah selesai. Nanti akan kita jawab besok, kita rapat terus nanti akan lapor ke Pak Gubernur," kata Anas.

Sebelumnya, Ahok naik pitam menanggapi aduan warga soal salah gusur. Ahok menelepon Anas di depan warga dan mengingatkan Anas lebih berhati-hati dalam melakukan penggusuran.

"Eh, Pak Wali, kamu bongkar-bongkar rumah orang salah alamat lagi. Ini ada pengaduan saya lihat kamu ngaco. Nanti urus sama orang saya ini, tanyain sama dia yang mana. Sertifikatnya di mana, yang dibongkar di mana. Jangan jadi centeng-centeng orang lu," kata Ahok kepada Anas melalui sambungan telepon.


(MBM)

Video /