Enam Sarana Olahraga Di GBK Jadi Cagar Budaya

Nur Azizah    •    Rabu, 19 Oct 2016 06:00 WIB
renovasi gbk
Enam Sarana Olahraga Di GBK Jadi Cagar Budaya
Stadion GBK. (ANT/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menetapkan enam arena olagraga di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) sebagai cagar budaya. Keenam sarana olahraga itu adalah Stadion Tenis, Aquatic atau Stadion Renang, Istora Senayan, Stadion Madya, Stadion Basket serta Stadion Utama.

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, GBK dibangun 54 tahun silam dan memiliki banyak sejarah. Mulai dari sejarah pembangunan, hingga menjadi tuan rumah ASEAN Games tahun 1962.

"Semua ini cagar budaya yang harus kita jaga. Bahkan, sekarang harus lebih baik. Biar tidak malu," tutur Djarot di Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Maka itu, Pemprov DKI tengah merenovasi seluruh sarana olahraga di komplek GBK. Renovasi ini juga bertepatan untuk menyambut ASEAN Games 2018.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Catur Laswanto menuturkan pihaknya telah menyelesaikan 2,56 persen pembangunan dalam satu bulan.

"Kami mulai membangun 16 Agustus 2016 dan akan selesai Oktober 2017," kata Catur di Gedung Direksi, Jakarta Selatan.

Catur mengaku tengah mengejar proyek renovasi GBK. Ia menyadari, renovasi tersebut untuk membawa nama baik Indonesia di mata dunia.

Kendati begitu, dirinya sempat mengalami perdebatan dengan para pengembang terkait desain bangunan. Pemprov tidak akan mengubah ikon setiap sarana olahraga di GBK.

"Tampak depan stadion utama merupakan sebuah bangunan yang bernilai sejarah dan sudah menjadi ikon sejak presiden pertama, karena ini sejalan dengan UU Cagar Budaya bahwa ciri asli muka bangunan harus dipertahankan," pungkasnya.



(LDS)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA