Aturan Wajib Garasi Belum Berlaku di Kebon Kacang

Ilham wibowo    •    Selasa, 12 Sep 2017 13:36 WIB
pemilik mobil wajib punya garasi
Aturan Wajib Garasi Belum Berlaku di Kebon Kacang
Kendaraan terparkir di pinggir Jalan Kebon Kacang/MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Aturan tentang kewajiban pemilik mobil memiliki garasi belum tersosialisasi di kawasan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Warga masih ramai memarkirkan kendaraan di bahu jalan.

Pantauan Metrotvnews.com, kendaraan milik warga terparkir di sepanjang Jalan Kebon Kacang 45. Sekitar pukul 10.00 WIB, ada sekitar 20 kendaraan yang sengaja diparkir lantaran tak memiliki garasi maupun lahan parkir.

Pemandangan serupa juga ditemui di  ruas jalan lain di kawasan Kebon Kacang, seperti Jalan Kebon Kacang 41 dan Jalan Kebon Kacang 30. Tak hanya ruas jalan, trotoar pun dijadikan lahan memarkirkan kendaraan roda dua maupun roda empat. Beberapa kendaraan tampak dipasangi penutup berwarna silver, menandakan kendaraan milik warga.

"Kalau sudah malam hari, semakin tambah banyak lagi mobil yang parkir di jalan," kata seorang warga, Munir, kepada Metrotvnews.com, Selasa 12 September  2017.

Menurut dia, kendaraan di kawasan Kebon Kacang bukan hanya milik warga setempat. Sebagian besar warga hanya memanfatkan bahu jalan di malam hari. Sementara siang, lahan dimanfaatkan karyawan dan pengunjung  mal, ruko dan hotel di kawasan Tanah Abang.

"Jadi banyak kendaraan di jalan seperti ini bukan hanya milik warga Kebon Kacang, tapi kendaraan yang transit dua sampai empat jam," ucap dia.



Sementara itu, Ketua RW 08 Kelurahan Kebon Kacang Irwansyah mengatakan, pihaknya belum menerima instruksi penerapan Perda tersebut. Ia baru mengetahui setelah ramai diperbincangkan dalam pemberitaan.

"Kalau ada Perda seperti itu ya saya harus mengikuti. Hanya memang penolakan pasti banyak dari warga yang punya kendaraan," ucap Irwansyah.

Menurut Irwansyah, kendaraan yang parkir di bahu jalan selama ini tak menganggu aktivitass lalu lintas di Jalan Kebon Kacang 45. Ruas jalan masih cukup lebar untuk bisa dilalui kendaraan lain.

"Jalan Kebon Kacang 45 ini kan satu arah, selama ini lalu lintas tetap lancar. Lagi pula ini jalan di permukiman, bukan jalan protokol yang bila parkir menyebabkan kemacetan," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pengendara yang hendak membeli mobil melampirkan surat keterangan memiliki garasi. Kewajiban memiliki garasi bagi pemilik mobil pribadi itu mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.

"Begitu ada surat keterangan punya garasi, baru boleh punya mobil," kata Djarot, Rabu 6 September 2017.


(OJE)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

3 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA