Park and Ride Ragunan Masih Perbolehkan Warga Inapkan Kendaraan

Faisal Abdalla    •    Jumat, 15 Sep 2017 13:53 WIB
pemilik mobil wajib punya garasi
<i>Park and Ride</i> Ragunan Masih Perbolehkan Warga Inapkan Kendaraan
Park and ride Ragunan. Foto: MTVN/ Faisal Abdalla

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta melarang warga menginapkan kendaraan di park and ride. Namun, masih ada petugas parkir yang membiarkan warga menitipkan kendaraan tanpa waktu yang ditentukan.
 
Petugas Lapangan park and ride Ragunan, Umar, mengaku masih memperbolehkan warga sekitar menitipkan kendaraannya. "Alasannya karena bina lingkungan saja," kata Umar kepada Metrotvnews.com, Jumat 15 September 2017.

Baca: Harus Bagaimana Bila Tinggal di Gang Sempit?

Meskipun memperbolehkan, Umar mengaku tidak banyak warga yang rutin menitipkan kendaraannya di park and ride Ragunan. Pasalnya, pihak park and ride Ragunan mulai membatasi jumlah kendaraan roda empat, dan lebih fokus melayani pelanggan roda dua. Pelanggan roda empat secara bertahap dialihkan ke tempat parkir di dalam kawasan Kebun Binatang Ragunan.
 
"Sedikit ya, karena memang kita mulai batasi roda empatnya. Yang roda empat parkir di dalam kawasan Kebun Binatang. Kalau di sana kan tidak bisa menitip kendaraan karena hanya beroprasi sampai pukul 22.00 saja," kata Umar.

Baca: Pemilik Mobil di Jakarta Wajib Punya Garasi

Park and ride Ragunan berlokasi di Jalan Saco No.1B, RT.10/RW.7, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Berbeda dari yang lain, park and ride Ragunan berkonsep vertikal dan terintegrasi langsung dengan halte TransJakarta koridor VI yang melayani rute Ragunan - Dukuh Atas 2, Ragunan - Monas (via Kuningan), dan Ragunan - Monas (via Semanggi).
 
Dengan tarif Rp2 ribu per hari untuk kendaraan roda dua, dan Rp 5 ribu per hari untuk kendaraan roda empat, park and ride Ragunan beroprasi selama 24 jam penuh.




(FZN)