Waspada Aksi Gendam di Musim Liburan

   •    Kamis, 28 Dec 2017 15:43 WIB
kriminalitas jalanan
Waspada Aksi Gendam di Musim Liburan
Ilustrasi-- Pengunjung memadati kawasan wisata Monas di Jakarta. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumai)

Jakarta: Tempat-tempat yang temaram, sepi, dan jauh dari keramaian kerap dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk berbuat kriminal. Namun jangan salah, di tempat ramai pun tak menjadi jaminan seseorang aman dari aksi kejahatan.

Saat momen liburan misalnya, pelaku kejahatan tak sungkan melakukan aksinya untuk mendapatkan barang-barang berharga seperti dompet, ponsel, dan lain sebagainya.

Pakar Hipnoterapi Dewi Puspaningtyas menyarankan ketika seseorang berada di keramaian apalagi saat musim liburan jangan pernah kehilangan fokus atau konsentrasi. Kurangnya perhatian terhadap keadaan sekitar membuat seseorang berpotensi menjadi sasaran pelaku aksi kejahatan.

"Gendam misalnya. Saat kita lengah, biasanya akan sangat mudah bagi pelaku kejahatan untuk melakukan gendam," katanya, dalam Metro Siang, Kamis 28 Desember 2017.

Meski siapapun bisa menjadi korban, namun menurut Dewi, kaum perempuan lah yang umumnya banyak menjadi korban. Perempuan cenderung lebih ekspresif dan mudah dikendalikan pikirannya sehingga paling mudah teperdaya.

"Makanya jangan kelihatan bingung. Orang latah juga mudah sekali terkena gendam. Perempuan yang berpakaian ekspresif, aksesoris berlebihan juga jadi sasaran empuk pelaku," katanya.

Dewi menyarankan jika memang hendak berpergian jangan berangkat seorang diri, paling tidak ada pendamping atau lebih bagus lagi beramai-ramai. Namun jika mengharuskan untuk pergi sendiri konsentrasi harus tetap dijaga.

Bawa barang seminimal mungkin, karena terlalu banyak barang bawaan membuat konsentrasi mudah terpecah.

"Kalau bawa anak fokus selalu pada mata anak. Jangan bertatap mata dengan orang asing karena biasanya titik poin orang masuk ke pikiran kita adalah melalui kontak mata," ungkap Dewi.




(MEL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA