Anies Harap Turap Mampu Menahan Banjir di Cipinang Melayu

Nur Azizah    •    Kamis, 08 Nov 2018 14:26 WIB
banjir jakarta
Anies Harap Turap Mampu Menahan Banjir di Cipinang Melayu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berdoa kawasan Cipinang Melayu tak terendam pada puncak musim hujan. Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada Januari dan Februari 2019.

Anies mengungkapkan pihaknya sudah memasang turap buat menahan air dari Kali Sunter.
Sebab, pembangunan tanggul di kawasan tersebut sempat terhenti sejak tahun 2014.

"Warga di sana minta agar itu diteruskan karena tanggulnya saparuh. Karena tanggulnya saparuh, kalau air besar maka luber, ya kena warga," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 8 November 2018.

Mantan Mendikbud ini menuturkan turap hanya untuk sementara waktu. Tahun depan, turap bakal diganti dengan kelanjutan pembangunan tanggul. 

(Baca juga: Warga Cililitan Akan Pasrah sampai Banjir Datang)

Dia berharap, dengan begitu masyarakat sekitar bisa terbebas dari banjir. "Bismillah mudah-mudahan tidak banjir lagi. Jadi kita berharap itu, disiapkan paling tidak tanggul awalnya sampai kita eksekusi tanggul berikutnya," pungkas dia.

Malam tadi, Anies sempat mengunjungi RT 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Wilayah tersebut menjadi salah satu kawasan langganan banjir. 

Anies datang sekitar pukul 19.00 WIB dengan menggunakan seragam putih. Dia datang didampingi Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar.

(Baca juga: Penanganan Banjir Jakarta Tak Cukup Rp4 Triliun)




(REN)